TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Makanan Pengganti Nasi saat Diet, Tubuh Tetap Bugar dan Berenergi

Diet bukan berarti menghindari karbohidrat, lho

unsplash/Louis Hansel

Saat sedang diet, banyak yang memutuskan untuk tidak mengonsumsi nasi. Sebab, nasi menimbulkan penumpukan lemak dan gula yang bikin berat badan tak kunjung turun. Hal ini membuat orang beralih dari nasi ke jenis karbohidrat lain.

Jika kamu sedang diet dan gak makan nasi, cobalah konsumsi 10 makanan pengganti nasi berikut ini. Pilihlah yang mengandung karbohidrat kompleks agar mengontrol kadar gula dalam tubuh. Apa saja kira-kira? Simak selengkapnya berikut ini, ya!

1. Kembang Kol

unsplash/Eric Prouzet

Kembang kol bisa jadi alternatif tepat sebagai pengganti nasi. Sayuran ini rendah kalori dan teksturnya serupa dengan nasi jika direbus.

2. Brokoli

unsplash/Louis Hansel

Hampir mirip dengan kembang kol, brokoli juga rendah karbohidrat dan kalori. Vitamin C dan seratnya berperan menjaga metabolisme tubuh.

3. Quinoa

ecomercioagrario.com

Quinoa sangat populer buat orang yang sedang diet. Biji-bijian ini lengkap protein, mengandung sembilan asam amino yang dibutuhkan tubuh.

4. Kentang

pixabay/Couleur

Kentang selalu jadi pilihan utama saat diet. Pati resistennya bikin berat badanmu turun. Sebaiknya dikukus atau direbus, bukan digoreng.

5. Jagung

pexels/FRANK MERIÑO

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai vitamin B yang bisa menggantikan karbohidrat. Bisa menurunkan kadar kolesterol, lho.

Baca Juga: 10 Makanan Paling Pedas di Dunia, Indonesia Nomor Satu Lho!

6. Shirataki

dlife.com

Populer di Jepang, shirataki dari tanaman porang ini dinilai nyaris bebas kalori. Bentuknya mirip mi, tapi lebih lembut dan ringan.

7. Kubis atau Kol

chicago.suntimes.com

Kubis atau kol dikenal kaya mineral dan vitamin K, sehingga bikin kita tak mudah lapar, struktur tulang pun makin menguat.

8. Oatmeal

unsplash/Fallon Michael

Serat dalam oatmeal bakal membuatmu kenyang lebih lama. Biasanya disajikan dengan berbagai potongan buah, seperti pisang dan beri.

9. Zukini

foodnetwork.com

Zukini termasuk sayuran kaya mineral. Karbohidratnya terdiri dari serat, sehingga tak mengandung gula yang bikin gagal diet.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Segar yang Gak Boleh Disimpan Secara Bersamaan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya