TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kopi Luwak, dari Manfaat Kesehatan hingga Harga yang Fantastis

Kopi luwak memang berbeda dari kopi pada umumnya

Sumber Gambar: kezj.com

Menikmati secangkir kopi kini menjadi gaya hidup. Sambil bercengkrama dengan orang-orang terdekat, menikmati kopi kerap kali bisa menjadi cara seseorang melepaskan penat. Apalagi kalau kopi yang diminum memiliki rasa dan kenikmatan yang tak biasa.

Bicara tentang kopi, Indonesia dikenal memiliki berbagai macam jenis kopi dengan kenikmatan khas yang berbeda-beda. Salah satu yang selalu mencuri perhatian adalah kopi luwak. Kopi jenis ini konon memiliki predikat kopi termahal di dunia karena aroma dan citarasanya yang khas. Berikut beberapa fakta unik kopi luwak, kopi termahal di dunia asal Indonesia.

1. Memiliki aroma yang khas

pexels.com/ Tirachard Kumtanom

Jenis kopi yang satu ini telah tersohor kenikmatannya. Kopi luwak memiliki aroma dan kelezatan yang khas karena dihasilkan dari proses alamiah hewan sejenis musang bernama luwak. Tidak heran kalau kualitas dan harganya beda banget bila dibandingkan dengan kopi biasa.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bisa Bantu Hilangkan Stres

2. Proses pembuatan kopi luwak yang unik

instagram.com/mon157

Kenikmatan kopi luwak yang tersohor dihasilkan dari proses alamiah luwak. Binatang sejenis musang itu dikenal memiliki indra penciuman yang tajam sehingga dapat membedakan mana biji kopi yang bagus dan tidak. Uniknya, hewan ini cuma mau makan biji kopi yang sudah benar-benar matang. Cita rasa sempurna seperti inilah yang bikin harga kopi luwak tidak mungkin murah.

3. Kopi luwak adalah kopi asli dari Indonesia

instagram.com/fakhrul_razi01/

Kopi luwak sebenarnya adalah produk asli Indonesia yang ditemukan dan sudah ada sejak abad ke-19. Namun, berkat kelezatannya yang tersohor, kini produksinya pun mulai tersebar di negara-negara tetangga, seperti Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Dan makin membanggakan, ternyata Indonesia merupakan negara dengan produksi kopi luwak tertinggi di dunia. Tiap tahunnya, kurang lebih ada 200 kg kopi luwak yang diproduksi. Meski begitu, kuantitas kopi luwak di negeri ini tetap terbatas. Oleh karena itu, harganya cukup mahal dipasaran.

4. Kopi luwak memiliki bermacam manfaat buat kesehatan

pexels.com/Burst

Beruntunglah apabila kamu termasuk orang yang gemar mengonsumsi kopi termahal itu. Pengin tahu apa saja khasiat dari kopi luwak? Minuman dengan citarasa unik nan memanjakan ini ditengarai dapat mencegah kanker payudara, diabetes, batu empedu, meningkatkan stamina, serta memproteksi kulit, mulut, dan gigi.

Baca Juga: 5 Lulur Alami Berbahan Kopi Ini Bikin Kulit Cantik dan Sehat

Verified Writer

Nona Ella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya