TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penting, 11 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Jantung Lho

Jaga detak jantungmu dengan makanan ya!

Pexels/Irina Kostenich

Makanan bisa menjadi salah satu penyebab datangnya suatu penyakit, termasuk penyakit jantung. Menurut hasil survei Sample Registration System (SRS) tahun 2014 penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah stroke

Penyakit jantung bisa dicegah dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga, menjauhi asap rokok, cek kesehatan rutin, dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Sekarang yuk kita akan intip makanan yang dapat mencegah penyakit jantung. Yuk, simak!

1. Ikan salmon

foodiesfeed.com

Ikan salmon mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 merupakan lemak baik dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan ritme jantung.

2. Ikan tuna

Pixabay/bokja

Meskipun harganya lebih murah dari ikan salmon, ikan tuna ternyata memiliki kandungan omega-3 yang tinggi apalagi jenis ikan tuna putih. Kandungan omega-3 pada ikan tuna putih 3 kali lebih besar dari ikan tuna lain.

3. Kacang almond

Pexels/Irina Kostenich

Almond ini memiliki kandungan sterol, serat, dan lemak baik untuk jantung. Selain itu kacang almond juga mampu menurunkan Low-density lipoprotein (LDL).

4. Oatmeal

Pixabay/cgdsro

Oatmeal bisa menjadi pilihan sarapan yang tepat. Selain mampu membuat kenyang, oatmeal juga mampu menurunkan kebiasaan ngemil kita. Oatmeal juga bermanfaat untuk menstabilkan gula darah dan mengurangi LDL dalam darah.

Baca Juga: 8 Gejala Gangguan Jantung yang Harus Kamu Waspadai Sejak Dini

5. Blueberry

foodiesfeed.com

Blueberry merupakan salah satu jenis buah yang mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan anthocyanin, salah satu antioksidan yang baik untuk melancarkan pembuluh darah. Antioksidan jenis inilah yang membuat warna khas pada blueberry.

6. Yoghurt

Pixabay/Myriams-Fotos

Yoghut merupakan olahan susu yang banyak diminati. Selain enak, yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya kalium dan kalsium. Yoghurt rendah lemak sangat direkomendasikan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

7. Brokoli

Pixabay/conderdesign

Siapa yang tidak kenal sayuran ini? Brokoli memiliki kandungan kalori, serat, tinggi kalsium, dan Vitamin K. Brokoli bermanfaat untuk menurunkan LDL.

8. Bayam

Pixabay/ponce_photography

Bayam mengandung vitamin A, vitamin K, serat, asam folat, magnesium, mangan, kalium, protein. Kandungan kolin dan inositol dalam bayam mampu menurunkan risiko terjadinya penimbunan plak pembuluh darah jantung.

9. Jeruk

Pixabay/pixel2013

Jeruk kaya akan vitamin C dan flavanoid. Flavanoid membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.

10. Ubi jalar

Pixabay/LauraLisLT

Ubi jalar memiliki kandungan potasium lebih besar dari pisang. Potasium merupakan mineral yang baik untuk kesehatan jantung dan berperan membantu mengeluarkan natrium untuk menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Insomnia, Yakin Kamu Sudah Tahu?

Writer

Nur Dwi Rahayu

Tulisan adalah saksi kehidupan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya