TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Negara Ini Punya Cara Penyajian Kopi yang Unik Lho!

Beda Negara beda kebiasaan yah!

Paxels/@rawpixel

Memiliki aroma dan rasa yang khas, membuat kopi menempati posisi yang istimewa di hati penggemarnya. Tidak hanya di Indonesia, budaya minum kopi seakan sudah menjadi gaya hidup sebagian orang di seluruh belahan dunia.

Meminum kopi bisa mempererat hubungan kekeluargaan juga pertemanan. Atau bahkan bisa terjadi hubungan bisnis dan memiliki teman yang baru.

Berikut beberapa negara yang memiliki cara unik dalam menyajikan kopi.

1. Ethiopia

Pixabay.com/@wdkunze

Banyak orang yang sudah mengetahui kalau Ethiopia sebagai daerah atau wilayah penghasil kopi terbesar di dunia. Wilayah ethiopia sendiri punya cara penyajian kopi yang sangat unik, membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam mulai dari memanggang biji kopi, menggilingnya hingga menyeduhnya.

2. Italia

Pexels/Di Bella Coffee

Tradisi minum kopi lainnya ada di Italia yang terkenal dengan kopi cappucino, espresso, machiato, dan latte. Kalau espresso sendiri merupakan kopi yang pahit yang disajikan tanpa menggunakan gula.

Espresso ini menjadi lambang kekuatan dari warga Italia. Kalau kamu berkunjung ke Italia ada hal yang harus diperhatikan, kamu tidak boleh sama sekali meminum kopi cappucinno setelah memakan makanan berat. Karena bagi orang Italia itu adalah hal yang aneh.

Baca Juga: 8 Racikan Kopi Super Nikmat dari Berbagai Negara

3. Meksiko

www.mexicoinmykitchen.com

Kopi yang sangat terkenal di meksiko namanya Cafe De Olla. Kopi tersebut direbus dengan menambahkan kayu manis sebagai penambah cita rasa dan kemudian disajikan dengan piloncillo atau gula dengan cita rasa karamel.

4. Maroko

Unsplash.com/@tinhkuong

Nah, kalau di Maroko sendiri mempunyai gaya yang berbeda. Biasanya warga Maroko akan menyeduhkan kopi itu disesuaikan dengan peristiwa yang terjadi. Kopi dengan rasa manis akan disuguhkan pada peristiwa yang menyenangkan, seperti perkawinan. Sedangkan kopi dengan cita rasa yang sudah ditambahkan bumbu rempah seperti lada hitam, kayu manis, jahe, akan disuguhkan pada saat peristiwa duka.

5. Thailand

Pixabay.com/@hamerovv

Thailand punya cara penyajian kopi secara tradisional, yakni dengan cara memanggang biji kopi dalam wajan di atas arang. Mereka kemudian menambahkan biji jagung dan biji asam, atau kombinasi biji lainnya termasuk kapulaga dan kedelai. Kemudian dipanggang lagi dengan menambahkan gula dan mentega dibiarkan sampai menjadi karamel. Dan kopi pun siap disajikan di atas es atau panas. Unik, ya!

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Verified Writer

Pia Apriani

I will never let some people controlling my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya