TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Arak Bali, Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda 

Walau sudah legal, tapi tetap ada aturan minumnya

arak bali (instagram.com/arakbrembali)

Selain pie susu, arak Bali juga bisa jadi alternatif oleh-oleh ketika berkunjung ke Pulau Dewata. Minuman ini ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Republik Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek. Penetapan ini ditermuat dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 tentang penetapan WBTb Indonesia tahun 2022.

Arak bali banyak dimanfaatkan petani sekitar untuk menghangatkan badan sebelum beraktivitas. Selain itu, arak bali juga dipercaya dapat menjaga kecantikan kulit serta obat rematik, lho!

Nah, bila tertarik dengan produk arak Bali satu ini, cari tahu lebih info lengkapnya pada ulasan berikut.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mocktail dan Cocktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

Mengenal apa itu arak bali

IDN Times/Irma Yudistirani

Arak Bali merupakan satu jenis minuman fermentasi dari Bali. Proses fermentasi yang sedemikian rupa membuat minuman ini jadi mengandung alkohol. Kendati demikian, banyak yang menyukainya, karena cita rasanya cenderung 'halus'.

Menariknya, arak Bali pun selalu disuguhkan dalam berbagai upacara keagamaan di Pulau Dewata. Arak bali sendiri merupakan narasi kuat tentang kearifan lokal Bali. Meski mengandung alkohol, minuman ini memiliki legalitas sehingga boleh dikonsumsi. Hal tersebut tertuang dalam  Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali.

Baca Juga: Asal Usul Makgeolli, Arak Beras yang Sering Muncul di Drama Korea

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya