TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Serba-Serbi Bossam, Perut Babi yang Dibungkus Selada ala Korea

Ada ragam bahan pelengkap lain juga, lho

instagram.com/homecook_cat

Selain drama seri dan film, Korea Selatan juga dikenal dengan ragam kuliner tradisional yang menggoyang lidah. Ada kudapan, makanan pendamping, hingga makanan berat. Salah satu yang agaknya populer yakni bossam. Nah, bossam itu apa sih?

1. Bossam adalah irisan daging babi (dan bahan pelengkapnya) yang dibungkus selada

instagram.com/gamjagolla

Bossam merupakan hidangan berupa irisan daging babi (serta bahan-bahan pelengkapnya) yang dibungkus dengan selada. Daging babi tersebut sebelumnya telah direbus hingga empuk dalam air garam yang ditambahkan bumbu-bumbu. 

Baca Juga: 5 Trivia Gogigui, BBQ Korea dengan Cita Rasa "Smokey" yang Juara!

2. Bossam menggunakan bagian tertentu pada daging babi yakni bagian perut babi (pork belly)

instagram.com/maryannehkim

Bagian daging pada babi yang digunakan adalah bagian perut (pork belly). Untuk menyiasati aroma anyir, perut babi direbus menggunakan berbagai bahan seperti garam, bawang putih, merica, bawang bombay, daun bawang, jahe, lobak, cheongju, hingga doenjang.

3. Bossam dihidangkan dengan aneka bahan tambahan sehingga cita rasanya lebih kaya

instagram.com/hyoungram

Saat disajikan, Bossam tak hanya terdiri dari irisan daging babi rebus. Daging babi tersebut lebih sedap disantap saat dipadukan dengan bahan-bahan lain. Ada ssamjang (saus kental bercita rasa pedas), kimchi, irisan bawang putih mentah dan bawang bombay, saeujeot (makanan fermentasi dari udang kecil berkulit tipis), bahkan tiram yang masih segar.

4. Bossam termasuk dalam kategori hidangan pembuka, ataupun disantap sebagai anju 

instagram.com/restaurantgroupie

Bossam termasuk dalam kategori hidangan pembuka, ataupun sebagai anju saat menikmati minuman beralkohol. Selain itu, cita rasa gurih dari irisan daging babi ala Bossam pun lezat dipadukan dengan kimchi yang disebut dengan nama bossam kimchi

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea, Lebih Hemat dan Bisa Makan Sepuasnya 

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya