TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim Dingin

#IDNTimesFood Unik dibandingkan variasi kimchi lainnya, lho

Dongchimi (youtube.com/정미야밥먹자jungmi Kitchen)

Di balik semakin majunya berbagai sektor di Korea Selatan, negeri ginseng ini agaknya tetap tak melupakan warisan budaya seperti kuliner tradisional. Salah satu kuliner lokalnya yang lazim dikenal oleh publik adalah kimchi.

Usut punya usut, kimchi rupanya memiliki beragam variasi. Salah satunya adalah dongchimi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Dongchimi berasal dari kata dong (musim dingin) dan chimi (merujuk pada kimchi)

Dongchimi (10000recipe.com)

Secara etimologi, dongchimi berasal dari dua kata. Pertama, kata dong yang berarti musim dingin. Kedua, kata chimi yang merujuk pada istilah klasik untuk kimchi. Usut punya usut, penamaan ini terkait dengan dongchimi yang memang biasanya dinikmati saat musim dingin.

Baca Juga: Kenapa Orang Korea Selatan Suka Kimchi? 9 Alasan Ini Jawabannya!  

2. Dongchimi dibuat dari daikon serta bahan-bahan lain yang direndam di dalam air asin

Dongchimi (m.post.naver.co)

Dongchimi dibuat dari bahan-bahan seperti daikon (sejenis lobak musim dingin yang sering dipakai dalam masakan Asia), cabai hijau, sawi, jahe, daun bawang, dan bae. Selain itu, dongchimi memiliki keunikan dibandingkan jenis kimchi pada umumnya. Pasalnya, dongchimi merupakan jenis kimchi yang direndam (dan disajikan) dalam air asin. 

3. Dongchimi biasanya disantap bersama nasi, dan dapat dijadikan kuah untuk dongchimi guksu

Dongchimi (koreanbapsang.com)

Dongchimi juga dikenal dengan nama internasional berupa radish water kimchi. Sajian ini termasuk dalam kategori banchan (hidangan pendamping) dan biasanya disantap bersama nasi. Selain itu, dongchimi juga dapat dikreasikan sebagai kuah untuk dongchimi guksu.

4. Dongchimi memiliki cita rasa segar sebab memang tak menggunakan gochugaru/gochujang

dongchimi (11st.co.kr)

Alih-alih pedas seperti kimchi pada umumnya, cita rasa khas yang disuguhkan oleh dongchimi justru adalah sensasi segar. Hal ini dikarenakan dongchimi memang tak menggunakan gochugaru (bubuk cabai khas Korea) maupun gochujang (pasta cabai khas Korea). Selain itu, aromanya pun terbilang unik.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kimchi Berbahan Sawi Putih di Rumah, Mudah dan Efektif!

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya