TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!

Biasanya kamu mengolah kolang kaling untuk sajian apa?

teemit.com

Kolang-kaling kerap dijadikan camilan yang diolah ke dalam beragam sajian. Pengolahan kolang-kaling terbilang sederhana, namun apabila tak dibersihkan dengan tepat justru akan rentan basi, berbau tak sedap, bahkan berlendir. Imbasnya, sajian berbahan kolang-kaling tentu optimal. Nah, jangan bingung, inilah trik untuk mengakalinya.

1. Saat membeli, pilihlah kolang-kaling yang masih berkualitas bagus

atmago.com

Kolang-kaling yang masih segar agaknya dapat diperhatikan melalui aroma asam yang khas, berwarna bening namun sedikit kusam, dan bertekstur kenyal. Pasalnya, memilih kolang-kaling yang masih berkualitas bagus akan berdampak pula pada kualitas sajian yang akan diolah dari kolang-kaling tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan, Gak Hanya Pemanis Ajah

2. Cuci kolang-kaling menggunakan air yang mengalir sembari menggosoknya lembut

dreamstime.com

Selanjutnya, cucilah kolang-kaling menggunakan air yang mengalir sembari menggosok permukaannya dengan lembut. Apabila dirasa sudah cukup bersih, tiriskan kolang-kaling dan tempatkan dalam wadah. 

3. Rendam kolang kaling dalam air cucian beras selama 1-2 jam 

ru.freepik.com

Agar kolang-kaling menjadi kesat dan bebas bau, gunakanlah air tajin alias air bekas cucian beras untuk mencuci ulang kolang-kaling tadi sambi menggosok permukaannya perlahan. Kemudian, rendam kolang-kaling dalam air cucian beras tersebut selama 1-2 jam.

4. Tiriskan kolang-kaling yang sudah direndam, bilas hingga bersih

theshonet.com

Setelah direndam cukup lama, buanglah air cucian beras tersebut. Setelah itu, bilas kolang-kaling hingga bersih, terasa kesat, dan aromanya tak lagi berbau pekat. Alhasil, kolang-kaling pun siap diolah dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Resep Membuat Kolang-kaling Gula Aren yang Manis untuk Takjil

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya