TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Serba-serbi Milmyeon, Sekilas Mirip Naengmyeon tapi Lebih Pedas!

Milmyeon merupakan kuliner khas dari Busan

Milmyeon (ddanzi.com)

Naengmyeon kadung dijadikan rekomendasi untuk sajian mi dingin khas Korea Selatan. Usut punya usut, rupanya ada hidangan serupa yang sekilas tampak mirip dengan naengmyeon. Makanan itu bernama milmyeon. Nah, apa sih keunikan milmyeon tersebut? Kamu dapat simak ulasannya di bawah ini.

1. Milmyeon menggunakan mi yang dibuat dari campuran ubi, kentang, dan tepung

Milmyeon (ko.wikipedia.org)

Bahan-bahan baku yang digunakan untuk membuat mie pada milmyeon adalah campuran ubi, kentang, serta tepung. Untuk kuahnya, milmyeon menggunakan kaldu daging sapi (ataupun tulang sapi) yang dimasak bersama sayur-sayuran.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea, Lebih Hemat dan Bisa Makan Sepuasnya 

2. Milmyeon memiliki cita rasa khas berupa paduan gurih, pedas, dan sedikit asam

Milmyeon (pepperminter.com)

Komposisi ubi, kentang, dan tepung yang pas akan menghasilkan mi bertekstur kenyal yang lembut. Untuk cita rasa, milmyeon pun tak kalah kaya. Pasalnya, kaldu sapi yang gurih berpadu dengan gochujang (pasta cabai khas Korea) yang pedas, serta bahan-bahan lain yang menyumbang sensasi sedikit asam.

3. Milmyeon tak hanya terdiri dari mi tapi juga tambahan bahan nabati dan bahan hewani

Milmyeon (busan.go.kr)

Milmyeon tak hanya terdiri dari mi dan tambahan gochujang, tapi juga dilengkapi dengan bahan nabati seperti sayuran dan bahan hewani seperti telur rebus dan daging sapi. Bahan-bahan tersebut ditata di mangkok, lalu dituangkan kaldu dingin.

4. Milmyeon sekilas mirip dengan naengmyeon, tapi cita rasa pedas milmyeon lebih pekat

Milmyeon (twitter.com/owor__)

Oleh sebab itu, milmyeon dikategorikan sebagai cold noodles alias sajian mi dingin sebagaimana naengmyeon. Bentuk mi kedua hidangan ini pun mirip yakni mi tipis dan panjang. Kendati demikian, cita rasa pedas pada milmyeon lebih kuat daripada naengmyeon.

Baca Juga: 10 Makanan Korea Selatan yang Paling Disukai Orang Indonesia

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya