TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trivia Chapssal, Donat Ketan ala Korea yang Diolah Tanpa Pengembang

Kalau donat ala Korea ini tak berlubang di bagian tengahnya

instagram.com/chocooks

Agaknya, dunia dessert memang tak dapat dilepaskan dari pastry and bakery. Salah satu produknya yang terbilang paling umum dijumpai adalah donat.

Di Korea Selatan, ada donat khas yang diberi nama chapssal. Sekilas, donat ini tampak seperti donat berbentuk bola biasa yang ditaburi gula halus.

Penasaran dengan donat satu ini? Yuk, cari tahu trivia menarik tentang chapssal di bawah ini!

1. Chapssal merujuk pada makna "donat beras ketan" secara harfiah

instagram.com/sun._.yoyo

Penamaan chapssal atau lebih lengkapnya adalah chapssal-doneot alias donat beras ketan. Ini merujuk pada bahan baku yang digunakan untuk membuat sajian ini.

Dalam bahasa Korea, kata chapssal bermakna beras ketan. Sedangakn kata doneot merupakan kata yang dipinjam dari bahasa Inggris, yakni doughnut atau donat.

Baca Juga: 5 Trivia Delimanjoo, Camilan Korea yang Laris Sebagai Buah Tangan

2. Chapssal diolah dengan konsep donat, namun tak diberi lubang pada bagian tengah

instagram.com/mrs.artea

Sesuai namanya, hidangan ini dibuat dengan konsep olahan seperti donat pada umumnya, lengkap dengan taburan gula halus pada bagian luar. Kendati demikian, chapssal tak dilubangi pada bagian tengah. Chapssal justru diberi isian pada bagian tengah tersebut.

3. Chapssal berbahan baku tepung beras ketan dan tak menggunakan pengembang

instagram.com/chocooks

Apabila donat lazimnya cukup menggunakan tepung terigu, maka donat ala Korea ini turut menambahkan tepung dari beras ketan. Usut punya usut, beras ketan inilah yang bersumbangsih pada tekstur renyah di bagian luar, namun kenyal di bagian dalam. Selain itu, chapssal juga tak tak memakai soda kue atau pengembang, lho.

4. Chapssal memiliki isian yang beragam, namun pasta kacang merah adalah yang paling umum

instagram.com/cookmedley

Untuk isian pada bagian tengah donat, chapssal memakai bahan yang dapat dikreasikan sesuai selera. Akan tetapi, bahan yang paling umum adalah pasta kacang merah. Selain itu, ada pula yang mengisinya dengan kentang manis, cokelat, hingga keju.

Baca Juga: 5 Trivia Gogigui, BBQ Korea dengan Cita Rasa "Smokey" yang Juara!

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya