TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hidangan Nikmat Khas Spanyol Berbahan Jeroan, Yuk Cobain!

#IDNTimesFood Ternyata orang Spanyol juga suka sama jeroan! 

oreja a la plancha (Instagram.com/delicias_comidacasera)

Mungkin sebagian besar orang asing dengan yang namanya makanan yang berupa jeroan. Bahkan terdapat banyak negara yang berpikir jika jeroan tidak baik untuk dijadikan makanan bagi manusia.

Tetapi, hal yang tak sama akan kamu lihat di Spanyol. Terdapat banyak pilihan menu dan olahan yang terbuat dari jeroan di sana. Gak percaya? Kamu bisa melihat daftar olahan di bawah ini.

1. Chanfaina 

chanfaina (Instagram.com/talavera.gastronomia)

Chanfaina merupakan menu yang berasal dari daging domba. Selain daging dan jeroan domba, semur kental ini terdiri dari remah roti, sosis darah, almond, bawang putih, minyak zaitun, cuka, dan berbagai rempah.

Terdapat beberapa versi hidangan ini di seluruh wilayah. Terkadang paprika, nasi, telur rebus, kentang, dan kacang-kacangan juga bisa ditambahkan ke hidangan ini.

Baca Juga: 5 Sup Jeroan Paling Populer di Asia Tenggara, Ada Kaledo Lho!

2. Riñones Al Jerez 

riñones al jerez (Instagram.com/dospebrots)

Riñones al Jerez adalah menu yang disajikan di sebagian besar bar tapas di Spanyol. Namun juga sebagai menu utama di banyak rumah. Makanan ini adalah hidangan yang terbuat dari ginjal sapi atau domba, kemudian dikombinasikan dengan bawang putih, minyak zaitun, dan sherry lokal dari Jerez.

Sebelum disajikan, hidangan ini biasanya dihiasi dengan peterseli cincang. Makanan ini biasanya juga disertai dengan nasi atau pasta.

3. Zarajos 

zarajos (Instagram.com/zero.carbohydrates)

Zarajos merupakan spesialisasi jeroan yang disiapkan dengan usus domba yang diasinkan. Proses pembuatannya yaitu, usus direndam dengan campuran minyak zaitun, bawang putih, peterseli, dan garam. Bahan tersebut selanjutnya melilit tunas anggur, yang bertindak sebagai tusuk sate.

Setelahnya, mereka dibungkus rapat kemudian bisa digoreng dengan minyak zaitun atau dipanggang. 

4. Oreja a La Plancha 

oreja a la plancha (Instagram.com/delicias_comidacasera)

Oreja a la plancha merupakan menu yang berasal dari Madrid. Hidangan ini terdiri dari telinga babi yang dipotong menjadi irisan atau membentuk kubus. Kemudian dipanggang dalam minyak zaitun dengan rempah-rempah dan bumbu.

Di Madrid, hidangan ini sering disajikan dengan jamur dan potongan daging asap, disertai irisan lemon di sampingnya.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Jeroan yang Populer di Prancis

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya