TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Camilan Khas Lombok yang Bisa Jadi Takjil Buka Puasa

Nikmatnya susah buat kamu tolak!

serabi laklak (instagram.com/belanga.id)

Lombok tak hanya terkenal dengan ragam sate dan juga olahan nasinya saja. Pulau ini tak hanya mempunyai makanan berat atau makanan pembuka saja. Terdapat banyak camilan yang akan cocok dengan lidahmu. 

Camilan ini hadir dengan cita rasa manis ataupun gurih yang bisa disesuaikan dengan selera. Selama bulan Ramadan, camilan khas Lombok bisa kamu hidangkan pula, lho. Berikut lima ragam camilan khas Lombok yang dapat menjadi menu takjil buka puasa.

1. Poteng jaje tujak

poteng jaje tujak (instagram.com/buburinas)

Poteng jaje tujak semakin populer ketika Lebaran. Makanan ini selalu tersedia di atas meja rumah-rumah penduduk. Hidangan dengan kombinasi rasa segar dan gurih ini dapat menjadikan momen istimewa Lebaran semakin berwarna.

Poteng terbuat dari tapai singkong dari beras ketan putih yang dihidangkan dengan cara dipotong kotak-kota atau dibakar terlebih dahulu. Sementara itu, jaje tujak dibuat dari beras ketan putih, hitam, kelapa, dan garam yang diproses dengan cara ditumbuk.

2. Serabi laklak

serabi laklak (instagram.com/belanga.id)

Siapa yang tak kenal dengan jajanan serabi? Lombok mempunyai hidangan khas yang disebut serabi laklak. Tak hanya berwarna putih, di zaman modern ini, penikmatnya akan disuguhkan dengan beragam warna yang tentu sangat menggoda. 

Serabi ini sedikit berbeda dengan serabi pada umumnya karena penggantian gula pada adonan dengan santan yang cukup kental. Proses pembuatannya pun masih tradisional dengan tungku tanah liat dan menggunakan kayu bakar untuk menjaga kekhasan rasa serabi. Hidangan ini terasa lebih gurih dan asin dibandingkan dengan serabi lainnya.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Puding untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Segarnya!

3. Kacang mete lombok

kacang mete Lombok (instagram.com/kalikacashew)

Kacang mete lombok tak hanya cocok dijadikan camilan, tapi juga oleh-oleh wajib bagi wisatawan. Lombok sendiri menjadi tempat penghasil kacang mete yang berkualitas. Berkat kualitas tersebut membuatnya sering diekspor ke luar negeri.

Kacang ini menjadi favorit karena cita rasanya yang gurih jika dibandingkan dengan kacang lainnya. Selain unggul dalam segi rasa, kacang mete juga dikenal mempunyai jutaan manfaat yang tentu bain untuk tubuh.

4. Dodol rumput laut

dodol rumput laut (instagram.com/ulfiaderista)

Camilan selanjutnya adalah dodol rumput laut. Sesuai namanya, dodol ini dibuat dari bahan rumput laut. Walaupun mempunyai perbedaan rasa dengan dodol biasanya, tapi dodol rumput laut ini tetap lezat dan bikin nagih.

Menariknya, sajian ini mempunyai beragam rasa yang bisa dipilih. Jajanan ini bertekstur kenyal dengan rasa manis alami yang dihasilkan oleh bahan-bahan pembuatan dodol itu sendiri.

Baca Juga: 10 Masjid di Yogyakarta yang Sediakan Takjil Gratis, Simpan Daftarnya 

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya