TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengupas Bawang Merah biar Mata Gak Perih, Anti Nangis!

Gak perlu nangis lagi kalau mengupas bawang merah

ilustrasi bawang merah yang telah dipotong (unsplash.com/Burhan Rexhepi)

Saat mengupas bawang merah, seringnya kita merasakan pedih pada mata. Hal tersebut tentu sangat mengganggu, karena kita akan terus merasa tidak nyaman.

Bagi yang suka memasak dan sering mengalaminya, tips mengupas bawang merah biar mata gak perih di bawah ini dapat membantumu untuk mengatasinya. Caranya antiribet dan mudah diikuti.

1. Letakkan tisu basah di dekat talenan 

ilustrasi tisu basah (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Sebelum mengupas bawang merah, kamu dapat mencelupkan satu lembar tisu ke dalam air. Kemudian, letakkan di atas talenan yang berada di dekat bawang yang akan diiris.

Air sulfur atau belerang yang keluar dari bawang saat dipotong akan diserap atau dinetralkan oleh tisu basah ini. Jadi, tak akan sampai ke mata dan membuatnya perih.

2. Mendinginkan bawang merah di freezer 

ilustrasi kulkas (unsplash.com/nrd

Suhu dingin dapat "membekukan" kandungan belerang untuk sementara waktu yang ada di dalam bawang merah. Hal ini membantu mengurangi risiko perih ketika mengupas atau memotongnya.

Jadi, sebelum mengupas bawang, dinginkan terlebih dahulu di dalam freezer, antara 4-5 menit saja. Selanjutnya, keluarkan dan kupas seperti biasa.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari Bawang Merah, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu!

3. Menyiramnya dengan air panas 

ilustrasi air panas (unsplash.com/Joe Pregadio)

Cara sederhana lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan menyiram bawang merah dengan air panas, lalu direndam sebentar. Kamu dapat memasukkan bawang di dalam mangkuk, lalu siram dengan air panas. Tunggu hingga 2 menit.

Setelah itu, tiriskan dan siram dengan air dingin. Cara tersebut akan membuat lapisan kulit menjadi lebih lembek dan mudah dikupas, sehingga tak akan menggores bawang dan menyebabkan pedih di mata.

4. Mengoleskan cuka pada bawang 

ilustrasi cuka putih (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Mengoleskan cuka pada talenan dan bawang dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi rasa perih saat mengupas bawang. Sebab, kandungan belerang pada bawang dapat dinetralkan dengan cuka.

Kamu dapat pula mengoleskannya pada jari-jari dan pisau yang akan digunakan. Cara ini juga dapat membantu mengurangi perih di mata ketika mengupas kulitnya. 

Baca Juga: 5 Tips Menanam Daun Bawang di dalam Pot, Buat Stok Bumbu!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya