TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Ini Pie Menjadi Doodle di Google, Wah Ada Apa Ya?

Padahal awalnya bukan soal makanan

google.com

Halaman utama Google selalu menampilkan doodle yang menarik tentang hari bersejarah. Seperti hari ini, Google memperingati 30 tahun perayaan "Hari Pi". Sebuah perayaan yang pertama kali diadakan fisikawan, Larry Shaw pada 1988 di Exploratorium San Francisco.

1. Awal mula perayaan "Hari Pi" di dunia

longbeach.gov

Banyak di antara kita yang sering berkutat dengan pi (π) untuk menghitung lingkaran, busur, bola, dan sebagainya. Angka 22/7 atau 3,14 itulah yang menjadi dasar dirayakannya "Hari Pi" pada 14 Maret. Diperingati setiap tanggal itu karena melambangkan 3/14, artinya bulan ketiga, tanggal 14. Selanjutnya, ada juga "Hari Pendekatan Pi" yang diselenggarakan pada 22 Juli (22/7).

Selang beberapa tahun sejak 1988, baru pada 2009 Dewan Perwakilan Amerika Serikat pun mulai mendukung perayaan "Hari Pi". Sejak saat itu "Hari Pi" menjadi hari nasional di Amerika dan setahun kemudian doodle pi mulai dikeluarkan Google. 

Baca juga: 15 Kreasi Pie Keren Berlukis Wajah, Mirip Banget Sama Aslinya!

2. Banyak cara yang dilakukan orang-orang dalam merayakan "Hari Pi"

princetonfound.com

Kata "pi" dan "pie" (pai) yang mirip menjadikan makanan tersebut identik dengan perayaan "Hari Pi". Pada perayaan pertamanya di Exploratorium San Francisco, Larry Shaw bersama stafnya membuat sebuah forum meja bundar sambil makan pai bersama.

Selanjutnya, banyak orang yang merayakan "Hari Pi" dengan caranya masing-masing, seperti makan pai, melempar pai, dan membahas pentingnya bilangan phi (π). Misalnya di Princeton, New Jersey, mereka mengadakan festival makan pai dan lomba menghafal desimal phi (π).

3. Tahukah kamu pai termahal di dunia?

foodtolove.com.au

Sejauh ini, data yang tercatat di situs online "Record Setter" menyatakan bahwa "Posh Pie" merupakan pai paling mahal dalam kategori  "Surf & Turf" yakni seharga 12.000 dollar AS atau sekitar Rp 164 juta. Kamu bisa menyantap pai tersebut di hotel Lord Dudley Sydney, Australia.

Pai buatan Executive chef  Paud Medcalf ini menggunakan kombinasi bahan premium, seperti rock lobster, winter black truffle, dan germany gold leaf. Pai tersebut membutuhkan waktu selama 3 pekan.

Baca juga: Hari Ini Kimchi Jadi Google Doodle, Ternyata Ini Alasannya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya