TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Memilih dan Membelah Durian, biar Gak Tertipu Pedagang Nakal Lagi

Manisnya kata-kata si penjual belum tentu bikin durian manis

matadornetwork.com

Memilih dan membelah durian dibutuhkan pengalaman yang banyak supaya kita terbiasa. Apalagi saat kamu memilih durian, jangan hanya terpaku dengan bentuk fisiknya yang bagus. Tak menutup kemungkinan dalamnya masih mentah atau sudah busuk.

Nah, daripada menyesal, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih dan membelah durian.

1. Cium aroma durian

forbes.com

Pertama, yang paling terasa dari durian adalah aromanya yang menyengat. Durian matang punya aroma yang harum, meski kulitnya masih tertutup rapat.

Jauhkan dulu buah yang kamu pilih dari tumpukan durian supaya tidak tertipu. Kalau aroma manisnya tetap terasa, sudah dipastikan durianmu itu matang.

2. Perhatikan dengan seksama bentuk durian

ricemedia.co

Sekilas, durian punya banyak warna, seperti kuning, hijau, oranye, cokelat, dan sebagainya. Hal ini tidak bisa menjadi patokan untuk memilih durian yang matang. Cara paling ampuh adalah melihat bentuk buahnya.

Usahakan memilih durian yang bulat, bukan lonjong. Buah berbentuk bulat menandakan dagingnya pasti melimpah. Sedangkan, kalau bentuknya lonjong, isi dagingnya cenderung lebih sedikit.

3. Lihat tangkai durian

benimmulku.com

Durian matang di pohon atau tidak, bisa dibedakan dari tangkainya. Mudahnya, kalau ada tanda bekas potongan, durian tersebut tidak masak pohon. Meski sama-sama lezat, durian masak pohon akan terasa lebih sedap.

Selain menentukan itu, tangkai durian bisa menunjukkan kualitas daging di dalamnya. Sebaiknya pilih tangkai yang tebal dan pendek. Biasanya daging duriannya tebal dan banyak.

brainstuffshow.com

Terakhir, kalau mau, kamu bisa menjilat tangkai duriannya. Kalau terasa manis, berarti durian sudah matang dan manis.

Baca Juga: 10 Jenis Durian Paling Populer Ini Wajib Masuk List Kulineranmu

4. Duri durian bisa menentukan tingkat kematangan

Youtube.com/jasontown

Bentuk fisik yang bisa kamu perhatikan selanjutnya adalah duri. Durian yang manis punya duri pendek dan jarang. Kalau masih rapat, itu tanda buah belum matang.

5. Ketuk dan dengar bunyi durian

matadornetwork.com

Mungkin kita heran ketika penjual mengetuk durian dengan pisaunya. Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan untuk menguji durian sudah matang atau belum. 

Dengarkan suaranya, kalau terdengar nyaring, jangan mau membelah durian tersebut. Karena kalau sudah matang, bunyinya akan sedikit teredam.

6. Jangan pilih durian yang sudah terbelah

geographical.co.uk

Tidak perlu khawatir, kalau kamu belum paham cara-cara di atas. Kamu memang harus punya pengalaman banyak untuk membiasakan diri. Namun, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kulit durian sudah terbelah atau belum.

Walaupun sudah pasti manis, dagingnya tidak akan sesegar yang masih tertutup rapat. Sebab, dagingnya sudah terkontaminasi debu atau udara kotor. 

Baca Juga: Cara Memotong dan Makan Durian yang Benar, Rasanya Aneh kalau Salah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya