TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Susah Buang Air Besar? Cobalah Konsumsi 4 Makanan Ini

Cobalah. Makanan ini ada di sekitar kita kok

meetdoctor.com

Secara alami, tubuh akan mengalami kontraksi setiap paginya untuk buang air besar. Namun beberapa dari kita tidak mengalaminya. Bahkan tidak mendapatkan kontraksi untuk buang air besar hingga berhari-hari. Kondisi ini disebut sembelit. Disebabkan oleh banyak faktor. Yaitu wasir, kurang minum, kurang konsumsi makanan berserat, hamil, stres bahkan dapat disebabkan beberapa penyakit yang mungkin berbahaya. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari pengaturan pola hidup, hingga mengonsumsi makanan yang dapat membantu melancarkan BAB. Beberapa makanan ini membantu memperlancar buang air besar, di antaranya:

1. Madu

madu-asli.org

Madu memiliki enzim serta mineral penting yang dapat memberikan efek positif pada saluran pencernaan, dengan memperkuat saluran cerna. Sehingga dapat mencerna makanan yang keras. Cara konsumsinya yaitu madu ditambah air hangat, diminum kurang lebih setengah jam sebelum makan.

2. Cokelat

food.ndtv.com

Siapa sangka makanan manis ini dapat membantu memperlancar buang air besar. Cokelat yang dikonsumsi haruslah cokelat hitam (Dark choco). Kandungan magnesium yang tinggi dalam cokelat hitam mampu meningkatkan kinerja usus dan membantu kontraksi otot polos usus.

3. Lidah Buaya

spmodels.net

Lidah buaya selain digunakan untuk mempercantik rambut, juga memiliki manfaat lain untuk mengatasi sembelit. Cukup dibuat menjadi jus segar agar mudah dicerna dan rasakan manfaat dari lidah buaya ini.

Writer

Robert Hendra Putra

Manusia bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya