TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Panci untuk Kompor Induksi, Jangan Salah Beli!

Pilih yang memiliki dasar rata dan tebal

ilustrasi menggunakan kompor induksi (unsplash.com/Conscious Design)

Penggunaan kompor induksi kini makin diminati karena dianggap lebih efisien dan ramah lingkungan. Perlu diketahui, kompor induksi adalah jenis kompor yang menggunakan elektromagnetik sebagai sumber panasnya. Biasanya kompor induksi menggunakan 90% energi listrik untuk memasak.

Namun, tidak semua panci bisa digunakan untuk kompor ini. Bagi kamu yang ingin menggunakan kompor induksi, penting untuk mengetahui jenis panci yang bisa digunakan agar tidak merusak kompor atau panci itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa jenis panci untuk kompor induksi yang wajib kamu ketahui sebelum membelinya. Ketahui penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Berdasarkan bahan panci

ilustrasi memasak dengan kompor induksi (create.vista.com/AllaSerebrina)

Berdasarkan bahan pancinya, ada tiga jenis panci untuk kompor induksi yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

  1. Panci stainless steel
  2. Besi cor
  3. Alumunium non-stick

Sementara panci dari bahan lain seperti tembaga atau kaca tidak bisa digunakan karena tidak bereaksi dengan medan magnetik dari kompor induksi. Untuk mengetahui jenis bahan panci, cari label yang menunjukkan bahan yang digunakan.

Jika tidak ada label, coba uji dengan magnet. Jika magnet menempel pada panci, maka panci tersebut bisa digunakan untuk kompor induksi.

Baca Juga: 5 Alasan Beralih ke Kompor Induksi, Ramah Lingkungan lho!

2. Berdasarkan ukuran panci

ilustrasi memasak di kompor induksi (pexels.com/Katerina Holmes)

Sedangkan berdasarkan ukuran panci, lebih baik kamu memilih panci yang cukup besar supaya dapat berfungsi dengan baik. Jika masih bingung, umumnya beberapa merek kompor akan memberi tahu ukuran minimal panci yang diperlukan.

Kamu juga bisa mengukur diameter bagian bawah panci dengan meteran untuk mengetahui apakah panci tersebut cukup besar atau tidak.

Baca Juga: Mengenal Kompor Induksi, Lebih Hemat Dibanding Kompor Gas?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya