TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Penyebab Microwave Mengeluarkan Asap dan Cara Menghindarinya

Makanya, jangan biarkan microwave kotor, ya

ilustrasi menggunakan microwave (pexels/Zhen Chung)

Kamu pasti sering menggunakan microwave untuk memanaskan makanan atau minuman, kan? Sayangnya, kadang saat digunakan microwave-mu bisa tiba-tiba mengeluarkan asap.

Asap yang keluar dari microwave berbahaya bagi kesehatanmu serta dapat merusaknya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami penyebab microwave mengeluarkan asap dan bagaimana cara menghindarinya.

Baca Juga: 7 Perbedaan Oven dan Microwave yang Wajib Kamu Ketahui

1. Bagian dalam microwave kotor

ilustrasi microwave (pexels.com/cottonbro)

Bagian dalam microwave yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab microwave-mu mengeluarkan asap. Sisa makanan yang tertinggal bisa menyebakan terjadinya kebakaran jika microwave dihidupkan.

Untuk menghindari hal ini, pastikan membersihkan bagian dalam microwave secara berkala. Kamu dapat membersihkan microwave menggunakan sabun cair dan air hangat. Bisa juga menggunakan beberapa potong lemon yang diperas pada selembar kain untuk membersihkan interior microwave-mu.

2. Kabel listrik microwave yang rusak

ilustrasi microwave (pexels.com/Mike)

Penyebab lain mengapa microwave-mu mengeluarkan asap bisa jadi terletak pada kabel listrik yang rusak. Percikan api dapat terjadi jika kabel arus pendek atau terputus. Sebelum menggunakan microwave, pastikan kabel listrik tidak rusak atau robek.

Saat mengisi daya microwave, periksa kabel listrik menjauh dari permukaan panas. Sebab, panas bisa membuat karet pada kabel listrik leleh dan membuatnya mudah robek.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Cobek yang Benar, biar Gak Jadi Sarang Belatung

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya