TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Orang Bogor Wajib Tahu 5 Minuman Khas Bogor, Kamu Mau?

Gak kalah nikmat dari minuman daerah lain

ladycielworld.com

Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Secara geografis, kota bogor memiliki keterkaitan dengan daerah Jakarta, Depok, Tangerang, maupun Bekasi yang hingga ini kita kenal sebagai Jabodetabek. Bogor memiliki berbagai macam panganan serta minuman yang ditawarkan, hal ini menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dicicipi. Minuman khas Bogor sudah tentu tidak kalah dengan minuman dari daerah lain lho.

Untuk kamu yang penasaran mengenai minuman khas Bogor yang dapat dicoba, simak yuk apa saja!

1. Bajigur

resepkoki.id

Masyarakat Bogor pasti sudah tidak asing dengan minuman hangat yang satu ini. Bajigur memang menjadi salah satu minuman tradisional masyarakat Sunda, termasuk di Kota Bogor. Kita sering menemukan pedagang bajigur berkeliling menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak yang khas. Bajigur sendiri adalah minuman yang terbuat dari gula aren dan santan. Terdapat pula komposisi lain seperti jahe, garam, dan bubuk vanili.

2. Bir kotjok

Twitter/kurniaameliaa

Orang Bogor tentu sudah mengenal bir yang satu ini. Namanya memang bir, namun tidak ada kandungan alkohol sama sekali di dalamnya. Hal ini karena bir ini terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, cengkih, gula aren, kayu manis, dan gula pasir. Bir kotjok merupakan salah satu minuman yang memiliki khasiat baik dan tentunya salah satu minuman tradisional di kota hujan.

Baca Juga: 6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan Turis

3. Es pala

tripzilla.id

Es pala merupakan salah satu minuman tradisional khas Bogor yang cukup digemari oleh masyarakat maupun wisatawan. Saking populernya, es ini terkadang selalu ada pada pesta pernikahan, wisuda, maupun acara-acara lainnya yang menghadirkan banyak orang. Proses pembuatan yang sederhana dengan menyerut buah pala, lalu bercampur dengan air gula dan es batu. Kesegaran dan rasa asam dari buah pala terasa cukup khas di lidah.

4. Es sekoteng

travelingyuk.com

Namanya mungkin terdengar seperti minuman hangat yang sering dijajakan pada malam hari. Tetapi, pada minuman khas dari Bogor ini tentunya sekoteng yang ada terlihat lebih berbeda dari sekoteng pada umumnya. Sekoteng ini tidak menggunakan air jahe, rasanya justru terasa lebih manis dan lezat dengan penggunaan biji mutiara, alpukat, kelapa muda. Tentunya minuman ini terasa sangat menyegarkan.

Baca Juga: 15 Kuliner Khas Sunda Ini Bisa Ingatkan Kampung Halaman 

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya