TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Lo Mai Gai ala China, Hidangan Mirip Lemper

Nasi ketan dibungkus daun lotus, unik!

ilustrasi dimsum ketan ala china (tasteasianfood.com)

Dimsum adalah salah satu kreasi masakan khas China yang telah banyak dikenal orang. Lalu, siapa sangka bahwa lo mai gai termasuk salah satu jenis dimsum yang populer di China. Dimsum satu ini memang agak berbeda dari dimsum umumnya, bahkan sedikit mirip dengan lemper khas Indonesia.

Berbeda dengan lemper dan makanan Indonesia lainnya yang kebanyakan dibungkus dengan daun pisang, lo mai gai ini dibungkus daun lotus. Buat kamu yang penasaran dengan kreasi unik lo mai gai, berikut resep singkatnya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

ilustrasi bahan lo mai gai (casuallypeckish.com)

Bahan utama:
1 cup beras ketan
4 lembar daun lotus kering
1 kecap manis
1/2 sdm saus tiram
1/2 sdt minyak wijen

Bahan isian:
6 buah jamur shiitake atau jamur tiram
4 potong paha ayam
1 sdt kecap asin
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm tepung maizena (dilarutkan dalam 1 sdm air)
Garam dan lada secukpnya secukupnya

Baca Juga: Resep Lemper Ayam yang Nikmat, Camilan Enak Bikin Kenyang! 

2. Perendaman daun lotus dan beras ketan 

ilustrasi merendam beras (spiceupthecurry.com)

Proses perendaman daun lotus dan beras ketan terbilang cukup lama. Untuk itu, persiapkan kedua bahan ini terlebih dahulu.

Pertama, masak air hingga hangat. Sambil menunggu, kamu bisa mencuci beras sebanyak tiga kali, lalu merendamnnya selama 1 jam. Sebenarnya perendaman ini bisa diskip dan beras bisa langsung dikukus, namun tekstur yang dihasilkan akan berbeda.

Setelah air menjadi hangat, tuang ke dalam wadah berisi daun lotus, perendaman ini dilakukan selama 1 jam agar daun lotus kering lebih mudah dibentuk.

3. Buat isian lo mai gai

ilistrasi bahan isian lo mai gai/chinasichuanfood.com

Proses pembuatan isian untuk lo mai gai terbilang cukup familiar, yang harus kamu lakukan pertama kali pada tahap ini adalah memisahkan tulang dari daging ayam. Kemudian, potong dadu, buat irisan shiitake, dan siapkan bumbunya.

Jika semua telah siap, goreng paha ayam dengan kematangan sekitar 70-80%. Di samping itu, cincang bawang putih dan buat saus dari kecap asin, kecap manis, saus tiram beserta larutan teping maizena.

Setelah selesai menggoreng ayam, tumis bawang putih, lalu masukkan irisan shiitake, ayam yang telah digoreng dan saus. Aduk merata semua bahan, lalu tambahkan lada dan garam secukupnya. Tumis sekitar 2-3 menit hingga agak kental.

4. Memasukkan isian, membentuk dan membungkus lo mai gai

ilustrasi membentuk lo mai gai/thespruceeats.com

Lebarkan daun lotus lalu ambil sekitar 2-3 sdm nasi ketan, lalu pipihkan tapi tidak ditekan dengan bentuk persegi. Beri isian di bagian tengah, kemudian beri lagi nasi ketan di bagian atasnya hingga semua isian tertutupi. Bungkus nasi ketan mengikuti bentuk bersegi pula kemudian ikat.

5. Kukus lo mai gai hingga matang 

ilustrasi mengukus lo mai gai/chinasichuanfood.com

Step terakhir dari proses memasak lo mai gai ini yaitu mengukus ketan yang telah diberi isian dan dibungkus dengan daun lotus. Proses pengukusan ini berlangsung sekitar 20-30 menit.

Baca Juga: Resep Lemper Bakar Isi Daging Sapi, Wanginya Menggugah Selera

Verified Writer

Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya