TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Klepon Kopi, Kue Tradisional Modifikasi untuk Generasi Millennial

Cita rasanya disesuaikan dengan lidah Millennial Indonesia

Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo

Jakarta, IDN Times - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Sejak dulu, minuman yang satu ini mampu bertahan menjadi primadona. Tak heran, para penikmat kopi di Indonesia pun kian hari kian meningkat. Indonesia Memasak by Yummy sempat mengundang Diana Cahya, seorang Celebrity Chef, membawakan sesi “Olahan Kopi Indonesia” dengan membuat kue tradisional Indonesia, klepon, yang ia modifikasi dengan kopi sebagai komposisi tambahannya. 

1. Koki yang kreatif, inovatif, dan adaptif

Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo

Telah lama menekuni dunia memasak dan membuat roti, Diana ingin menjadi sumber inspirasi bagi para audiensnya. “Tak hanya untuk membuat sendiri resep yang telah saya bagikan, tapi juga untuk berjualan, ya, membuka kesempatan untuk menambah pemasukan. Nah, kali ini saya mau membagikan resep kue tradisional yang mudah dan sederhana, yaitu kue klepon dengan kopi,” terangnya.

Bagi Diana, seorang koki harus mampu menciptakan resep yang kreatif dan inovatif. “Seperti halnya dengan resep klepon kopi ini, ya. Millennial sekarang, ‘kan, lebih menyukai sesuatu yang up-to-date. Agar klepon ini tetap up-to-date, saya pikir, modifikasi dengan kopi oke juga, nih. Kalau boleh jujur, meski proses pembuatannya ringkas dan mudah, proses penemuan resepnya cukup memakan waktu dan rumit, sih” katanya sambil tertawa.

2. Cara membuat adonan klepon kopi

Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo

Berbicara tentang kopi, beragam racikan kopi dalam bentuk minuman tentu sudah banyak ditemui. Kali ini, seperti yang telah disampaikan di poin sebelumnya, Diana akan membagikan resep kue klepon rasa kopi. “Komposisinya terdiri dari tepung beras ketan putih, garam ¼ sendok teh, pandan, 60 gram air panas, dan 2 gram kopi bubuk. Kalau mau lebih takaran kopinya juga boleh,” ungkapnya.

Langkah pembuatannya pun sangat mudah. Ia menjelaskan, “Masukkan semua bahan menjadi satu, kecuali daun pandan. Karena kita gunakan air panas, aduk-aduk dulu dengan spatula, ya. Lho, Chef, apakah harus pakai air panas? Jawabannya iya, ya, ini agar kalis adonannya, jadi bagus. Kemudian, kita tambahkan daun pandannya agar aroma khas Nusantaranya muncul. Kalau sudah, kita uleni dengan tangan bersih, ya.”

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya