TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Tenggiri Bumbu Tauco, Nikmat Disantap Bareng Nasi

Aromanya bikin perut keroncongan

ilustrasi tenggiri bumbu tauco (instagram.com/nawang_okta)

Terkadang kamu dibuat pusing menyusun menu harian agar tidak bosan. Jika kamu ingin memasak makanan laut, resep tenggiri bumbu tauco ini bisa jadi pilihan. Bumbunya meresap dan cocok banget disantap bareng nasi. Dijamin pasti bakalan nambah nasi dan ketagihan.

Tak hanya itu, ikan tenggiri juga menjadi salah satu ikan yang kaya akan omega-3 yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak manusia. 

Berikut resep tenggiri bumbu tauco yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

ilustrasi ikan tenggiri (instagram.com/whatthefish.official)

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ikan tenggiri, potong sesuai selera
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram 
  • 2 sdm tauco manis
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 200 ml air

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah
  • 1 cm jahe

Baca Juga: Resep Asam Padeh Ikan Tenggiri, Pedasnya Bumbu Menusuk Lidah

2. Goreng ikan tenggiri

ilustrasi menggoreng ikan (pexels.com/RODNAE Productions)

Langkah pertama, cuci bersih ikan tenggiri dengan air mengalir lalu potong-potong sesuai selera. Sebelum digoreng, lumuri ikan tenggiri dengan perasaan jeruk nipis lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit kemudian bersihkan. 

Panaskan teflon terlebih dahulu saat mau menggoreng ikan agar tidak lengket. Baru setelah panas, tambahkan sedikit minyak lalu goreng ikan tenggiri sampai bagian luarnya kering. Angkat lalu tiriskan.

3. Tumis bumbu hingga harum

ilustrasi bumbu (pexels.com/dapurmelodi)

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, serta jahe. Kamu bisa menggunakan chopper ataupun menguleknya secara manual. Panaskan wajan berisi sedikit minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga harum. 

Setelah aroma wanginya menguar, tambahkan air dan masukkan ikan yang sudah digoreng tadi. Agar sisa bumbu yang ada di cobek atau chopper tidak terbuang percuma, kamu bisa mengikut sertakan saat menambahkan air dalam masakan. Tambahkan pula bumbu-bumbu lain sesuai bahan-bahan resep di atas.

4. Tunggu hingga bumbu meresap

ilustrasi mencicipi masakan (pexels.com/juanpphotoandvideo)

Icip-icip terlebih dahulu apakah rasanya sudah pas atau belum. Atur kompor dengan api sedang. Masak hingga kuahnya mulai menipis dan bumbu mulai meresap pada ikan. Setelah ikan dirasa sudah matang, angkat dan lalu sajikan di atas piring saji.

Ikan tenggiri bumbu tauco sudah siap disantap dengan nasi hangat-hangat. Cocok jadi menu sarapan bareng keluarga. Pasti semuanya suka.

Baca Juga: 5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikat

Verified Writer

Amina Sy

...........................................

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya