TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep dan Cara Membuat Se'i Sapi, Olahan Khas NTT yang Bikin Nagih

Kuliner yang sedang ngehits dan jadi favorit banyak orang

pilarpertanian.com

Sei atau se'i merupakan daging asap yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kuliner satu ini belakangan sedang nge-hits dan jadi favorit banyak orang di berbagai wilayah.

Se'i sendiri berasal dari bahasa Rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Awalnya se'i menggunakan daging rusa. Namun, karena populasi rusa semakin langka, maka sekarang yang banyak dipakai adalah daging sapi atau daging babi.

Cara memasak se'i tergolong unik. Daging biasanya akan dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas.

Nah, kalau kamu ingin mencoba membuat se'i sapi sendiri di rumah, yuk simak resep dan tipsnya berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

instagram.com/seimoo.id

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat se'i sapi sebenarnya tidak banyak dan mudah ditemukan di pasaran.

Bahan utama:
- 250 gram daging sapi (iris tipis)

Bahan bumbu marinasi:
- 2 siung bawang putih
- garam secukupnya
- merica secukupnya

Baca Juga: Resep Membuat Daging Sapi Teriyaki Sederhana ala Restoran Jepang

2. Cara membuat se'i sapi

porosnusantara.co.id

Se'i sapi menjadi punya ciri khas karena proses pembuatannya yang tak biasa dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, cincang halus bawang putih. 
  2. Karena cara membuat se'i sapi adalah dengan pengasapan, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan tungku api.
  3. Marinasi daging dengan bawang putih yang sudah dicincang, garam, dan merica. Diamkan selama sekitar 30 menit agar meresap.
  4. Siapkan tungku pengasapan. Saat hendak memasukkan daging jangan lihat dari seberapa besar apinya, tapi terlihat dari asap yang sudah mulai banyak dan semakin panas. Pastikan daging tidak bersentuhan langsung dengan api.
  5. Biarkan daging sapi di dalam tungku. Waktu yang dibutuhkan untuk mengasapi daging bervariasi, bisa satu jam hingga sembilan jam, tergantung ukuran potongan dan jumlah daging yang diasapi.

Baca Juga: Resep Membuat Empal Daging Sapi Suwir yang Gurihnya Bikin Nagih

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya