TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips dan Cara Memasak Se'i Sapi yang Enak, Dagingnya Empuk Banget

Rasanya benar-benar bikin ketagihan

tangerangcorner.com

Olahan sei atau se'i khas Nusa Tenggara Timur belakangan menjadi kuliner yang diburu banyak orang. Masakan ini memiliki rasa yang khas dengan tekstur daging yang empuk.

Di kota-kota besar di Indonesia pun, resto-resto yang menyajikan menu se'i, baik dari babi, sapi, dan ayam. Bagi orang yang gak bisa makan daging babi, se'i sapi bisa jadi pilihan.

Gak melulu beli di luar, sebagian orang mulai memasaknya sendiri di rumah. Kalau kamu juga tertarik membuat se'i sapi sendiri, beberapa tips dan cara memasaknya di bawah ini bisa jadi panduanmu.

1. Cara memilih daging sapi yang segar

venisoncache.com

Untuk membuat se'i sapi, disarankan menggunakan daging sapi bagian has dalam. Penggunaan bagian has ditujukan supaya hasilnya lebih empuk dan mudah diolah.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kesegaran dan kualitas daging. Daging yang segar dan berkualitas baik dapat dilihat dari tekstur, warna, dan aromanya.

Daging yang segar biasanya tidak ada bau yang terlalu amis dan terlalu tajam. Selain itu, tekstur daging yang segar saat disentuh akan kenyal, padat, serta berwarna merah kehitaman.

Baca Juga: 10 Cara Memasak Daging Sapi yang Empuk dan Lezat

2. Dimarinasi sebelum diasapi

asianfoodnetwork.com

Se'i khas NTT aslinya menggunakan daging babi. Namun, jika kamu menggantinya dengan daging sapi, marinasi dagingnya terlebih dahulu sebelum diasapi. Sebab, daging sapi memiliki tekstur yang lebih keras daripada daging babi.

Kamu bisa melumuri daging sapi dengan menggunakan daun pepaya. Setelah dilumuri, diamkan selama 15-20 menit sebelum diasapi.

Selain daun pepaya, kamu juga memarinasi daging dengan menggunakan buah nanas. Namun, memarinasi daging dengan nanas tidak boleh lama-lama. Nanas punya kandungan asam yang tinggi. Apabila daging dimarinasi dengan nanas terlalu lama, maka daging bisa hancur.

3. Memperhatikan arah potong daging

seriouseats.com

Cara memotong daging untuk se'i adalah diiris tipis memanjang. Perhatikan pula arah potong daging agar se'i buatanmu lebih empuk.

Saat memotong daging, sebaiknya tidak mengikuti arah seratnya. Potong daging berlawanan dari arah serat, supaya lebih mudah dikunyah.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Se'i Sapi, Olahan Khas NTT yang Bikin Nagih

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya