TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  

Susu kental manis eksisnya lintas generasi nih

Shutterstock/Marina Onokhina

Jakarta, IDN Times - Susu Kental Manis Bendera Gold selalu diminati untuk dikonsumsi oleh masyarakat dalam berbagai macam kreasi makanan dan minuman untuk sarapan. Di Indonesia, susu kental manis sudah menjadi bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Indonesia sejak tahun 1897. Masuknya kental manis di tanah air adalah hasil impor dari perusahaan Eropa dan hingga saat ini, susu kental manis selalu lekat dengan masyarakat di setiap generasi.

Susu Kental Manis Bendera Gold dikenal dapat menambah cita rasa berbagai macam menu. Oh iya, ternyata kental manis ini sudah lebih dulu populer di Eropa lho. Nah, kali ini IDN Times akan kasih tahu kamu beberapa fakta tentang kental manis dan Susu Kental Manis Bendera Gold. Seperti apa ya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Susu kental manis pertama kali ditemukan di Swiss

Shutterstock/New Africa 

Susu Kental Manis Bendera Gold ternyata sudah sejak dulu populer di Eropa bahkan sejak abad ke-19. Seperti halnya di Indonesia di mana kental manis menjadi salah satu penambah cita rasa makanan dan minuman yang akhirnya membuat Susu Kental Manis Bendera Gold menjadi gak bisa terpisahkan dengan masyarakat, keberadaan kental manis di Eropa pun juga menentukan sejarah perkembangan inovasi di benua tersebut. 

Penduduk Eropa menjadikan susu segar sebagai salah satu konsumsi wajib dalam pola makan sehari-hari. Tapi sampai abad ke-19, teknologi lemari pendingin masih belum bisa dimiliki oleh siapa saja. Hal ini membuat masyarakat kesulitan menjaga kualitas susu segar di setiap perjalanan yang mereka lakukan. 

Adalah Charles Page, salah satu orang yang mencari solusi dari kebutuhan untuk mengonsumsi susu segar secara rutin, ia memiliki ide untuk mengubah susu segar tersebut ke dalam bentuk yang tahan lama dan mudah dibawa ke mana saja. Lalu, di akhir tahun 1850-an ia memutuskan untuk membangun sebuah pabrik susu kental manis pertama di Cham, Swiss bersama Gail Border dan George Page.

2. Terbuat dari susu segar yang melalui proses penguapan

Shutterstock/HannarongKamnim

Charles Page menggunakan bahan dasar susu segar yang dipilih dari peternakan terbaik di negara Swiss untuk membuat susu kental manis. Susu segar ini diolah melalui proses penguapan untuk mengurangi kadar air demi menghadirkan konsistensi kental yang khas dari susu kental manis. Sejak dulu, proses pembuatannya pun melewati proses keamanan dan kualitas tinggi. Produk susu kental manis di Eropa milik Charles Page diolah di pabrik yang menggunakan alat-alat modern, hingga kualitasnya selalu terjaga. 

Juga terbuat dari susu segar, kental manis seperti Susu Kental Manis Bendera Gold bisa jadi teman yang pas untuk sarapanmu dan keluarga. Susu Kental Manis Bendera Gold dikenal memiliki kandungan 9 sumber vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan C) dan 5 sumber mineral (kalsium, fosfor, selenium, mangan, dan yodium). Tak hanya itu, di dalam satu sachet Susu Kental Manis Bendera Gold juga terdapat kandungan kalori sebanyak 130 kkal.

3. Sempat jadi ransum untuk kebutuhan militer

Sejak didirikannya pabrik susu kental manis pertama di Eropa, Charles Page pun mulai memasarkannya di Swiss dan negara-negara tetangga di benua Eropa. Selanjutnya di tahun 1860-an, Charles Page pun mulai memperkenalkan susu kental manis sebagai salah satu varian ransum keperluan militer. Dari situ, Charles Page kembali mengembangkan bisnis susu kental manis miliknya ke Amerika Serikat dan menjadi salah satu produk yang cukup melesat penjualannya.

Di awal tahun 1868, penjualan susu kental manis hasil pabrik Charles Page sendiri berhasil terjual sebanyak 374.000 karton dan di tahun 1981, pabrik yang kini dikelola oleh adiknya, George Page telah berhasil memiliki 12 pabrik susu kental manis yang tersebar di benua Eropa dan Amerika Serikat. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya