TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bikin Rujak Juhi Yuk, Kudapan Khas Betawi Ini Mulai Sulit Ditemukan

Ada yang doyan banget sama rujak unik ini? Sekarang susah dicari, guys!

berrykitchen.com

Semakin pesat perkembangan zaman dan teknologi, berimbas juga pada kuliner-kuliner tradisional khas daerah tertentu. Keberadaannya makin sulit dicari, tergeser oleh makanan serba kekinian dan bernuansa kebarat-baratan. Seperti rujak unik asli Betawi ini misalnya. Ada yang merindukan rujak juhi? Rujak juhi atau mi juhi terbilang unik karena menggabungkan segarnya sayuran, gurihnya makanan laut, dan mi sebagai sumber karbohidrat. Disiram saus kacang, hmmm... makin menggugah selera!

Rujak juhi kini makin sulit ditemukan. Sudah jarang pedagang rujak juhi yang masih bertahan menjajakan kudapan tradisional ini. Padahal rasanya sangat enak dan memiliki kandungan gizi baik bagi tubuh. Nah, bagi yang doyan banget atau kangen sama rujak unik satu ini, mari membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini sebagai panduan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Kentang rebus.

manfaatsehat.id

Cuci bersih kentang, kupas kulitnya, lalu rebus atau kukus sampai matang. Kandungan karbohidrat dari kentang akan membuatmu mudah kenyang.

2. Mi kuning.

banyumasnews.com

Sebagai tambahan sumber karbohidrat, sediakan mi kuning yang sudah direbus kemudian tiriskan.

3. Sayuran (selada, mentimun, kol rebus).

manfaat.co.id

Rujak identik dengan rasa segarnya. Siapkan sayuran yang terdiri dari daun selada, potongan mentimun, dan bisa juga tambahkan kol rebus. Selain segar, sayuran akan memenuhi kebutuhan tubuhmu akan serat, vitamin, dan mineral.

4. Juhi.

berrykitchen.net

Nah, ini dia yang paling penting! Siapkan juhi yang sudah disuwir-suwir lalu sisihkan. Ada yang belum tahu apa itu juhi? Dikutip dari indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/segar-dan-gurihnya-rujak-juhi-khas-betawi, juhi adalah cumi yang sudah melalui proses fermentasi dengan garam. Juhi lebih populer dengan sebutan cumi asin. Keberadaan juhi inilah yang membuat rujak khas Betawi ini makin unik dan lezat!

5. Emping dan kerupuk mi.

obatradangsenditulang.com

Untuk taburan di bagian atas rujak, sediakan emping melinjo goreng dan kerupuk mi kuning. Bagi yang punya keluhan asam urat atau tidak ingin memakai emping, boleh diganti dengan taburan bawang goreng yang tak kalah lezatnya.

6. Sambal kacang.

sambalado.website

Setelah semua bahan siap, saatnya membuat sambal kacang. Siapkan kacang tanah sangrai, bawang putih sesuai selera, ebi, dan cabai rawit. Haluskan semua bahan menggunakan blender, kemudian masak dalam segelas air yang sudah didihkan terlebih dahulu. Tambahkan sedikit garam dan gula untuk memastikan rasa sambal sudah pas. Masak terus hingga muncul gelembung-gelembung dan mulai mendidih. Matikan kompor dan sambal kacang siap digunakan.

Bagaimana cara membuatnya?

epicurious.com

Setelah semua bahan dan sambal kacang siap, saatnya membuat rujak juhi. Siapkan piring kemudian tata kentang rebus dan mi kuning. Di atasnya, tata daun selada, kol rebus, dan potongan mentimun. Kemudian siramkan sambal kacang dan terakhir taburkan juhi suwir di atasnya. Lengkapi dengan emping goreng yang renyah atau kerupuk mi.

Verified Writer

Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya