TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Gampang Tea Cake, Biskuit Pendamping Teh Asal Inggris

Rasanya manis dan gurih

ilustrasi tea cake pendamping teh (pexels.com/Lisa Fotios)

Negara Inggris memang identik dengan tradisi minum teh. Biasanya pun terdapat makanan pendamping saat minum teh, seperti biskuit atau roti. Rasanya yang cenderung manis bisa melengkapi teh yang tawar atau pahit. Makanan ringan ini disebut tea cake.

Kamu juga dapat membuat tea cake sendiri di rumah. Pasalnya, bahan yang digunakan untuk membuat biskuit asal Inggris ini cenderung mudah ditemukan. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat tea cake yang lembut dan manis.

1. Bahan yang perlu disiapkan 

ilustrasi menakar bahan (pexels.com/Nicole Michalou)

Untuk membuat tea cake, berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 mangkuk mentega
  • 1 1/2 mangkuk gula
  • 3 butir telur
  • 3 mangkuk tepung terigu serbaguna
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila
  • 1/4 sendok teh garam

Baca Juga: 5 Tipe Biskuit Favorit untuk Dasar Adonan Cheesecake, Makin Yummy!

2. Aduk mentega 

ilustrasi mengocok telur (pexels.com/Taryn Eliott)

Sebelum diaduk, diamkan mentega di suhu ruang kurang lebih selama 5 sampai 10 menit. Cara ini untuk melembutkan tekstur mentega. Baru kemudian aduk menggunakan mixer sekitar 5 menit sampai mentega bertekstur creamy.

Setelah itu, tambahkan gula secara bertahap. Tuangkan gula sedikit demi sedikit selagi mengaduknya menggunakan mixer. Pastikan gula dan mentega tercampur rata dan adonannya tidak mengental.

3. Pecahkan telur 

illustrasi memecahkan telur (pexels.com/SHVETS Production)

Pecahkan tiga butir telur ke dalam adonan mentega dan gula. Tambahkan juga baking powder, garam, dan ekstrak vanila. Aduk kembali menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata.

Kemudian tuangkan tepung terigu ke dalam adonan. Aduk menggunakan spatula sampai tepung terigu menyatu dengan bahan lainnya. Baru tutupi dengan plastik atau kain di atasnya dan simpan di lemari es selama kurang lebih dua jam.

4. Cetak adonan 

ilustrasi mencetak adonan (pexels.com/Anna Shvets)

Keluarkan adonan biskuit dari lemari es. Setelah itu siapkan cetakan biskuit berbentuk bebas. Pipihkan adonan di atas loyang atau meja yang telah ditutupi plastik bersih. Taburkan juga sedikit tepung agar tidak lengket. Kemudian gunakan cetakan biskuit itu untuk memotong-motongnya.

Selain menggunakan cetakan, kamu juga bisa menggunakan cara biasa, yaitu dengan menyendok adonan dan menaruhnya di loyang. Jangan lupa untuk memberi jarak antar biskuit agar tidak berdempetan setelah dipanggang di dalam oven nantinya.

Baca Juga: Resep Thai Tea Pudding ala Pufflova yang Moist, Nikmatnya Premium!

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya