TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Es Cendol Bengkuang yang Segarnya Langsung Hilangkan Dahaga

Kreasi lain es cendol yang wajib kamu coba!

es cendol bengkuang ( With Mamah Iin)

Bengkuang termasuk dalam golongan umbi-umbian yang dapat dinikmati secara langsung. Buah bertekstur crunchy ini memberikan sensasi segar di tenggorokan. Rasanya agak manis dan kerap dinikmati dengan bumbu rujak yang pedas.

Ternyata, bengkuang dapat diolah menjadi es cendol dan semakin segar saat dinikmati dalam kondisi dingin. Penasaran seperti apa rasanya? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut ini.

1. Bahan utama untuk membuat cendol bengkuang

Bengkuang (instagram.com/nbochler)

Cendol bengkuang dapat kamu nikmati dengan es maupun dalam kondisi hangat tanpa es. Sedangkan untuk rasa manisnya, kamu bisa merebus santan bersama gula pasir. Bisa juga menggunakan sirup gula.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1/2 kg bengkuang
  • 1/4 sdm garam
  • 1/2 kg tepung tapioka
  • 2 lembar daun pandan
  • pewarna makanan, sesuai selera
  • 200 gram gula pasir
  • 1 liter santan
  • 2 sdm tepung maizena

2. Bahan jelly untuk pelengkap es cendol bengkuang

jelly (instagram.com/tavoni_nemoneh_abdanan)

Kamu bisa menambahkan irisan jelly atau cincau hitam sebagai isian pelengkap es cendol bengkuang. Kamu bisa membuat jelly dari agar-agar bubuk. Sambil menunggu agar-agar dingin dan siap disantap, kamu bisa membuat cendol bengkuang.

Bahan membuat jelly:

  • 1 bungkus jelly bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 500 ml air

Baca Juga: Resep Puding Cendol Durian, Makin Nikmat Disantap Saat Dingin

3. Cara membuat jelly sebagai pelengkap

ilustrasi membuat jelly (unsplash.com/mikbutcher)

Cara membuat jelly cukup mudah, kamu bahkan bisa menggunakan agar-agar bubuk yang praktis. Kamu cukup menyiapkan panci kecil dan memasukkan semua bahan untuk membuat jelly. Kamu bisa menyesuaikan takaran gula pasir sesuai dengan selera.

Rebus semua bahan hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam wadah, lalu biarkan hingga dingin dan kenyal. Sambil menunggu, kamu bisa mulai membuat cendol bengkuang.

4. Bengkuang dipotong dadu dan baluri dengan tepung

Bengkuang diiris dadu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Sebelum membuat cendol bengkuang, kamu perlu merebus air terlebih dahulu. Sambil menunggu air mendidih, kamu dapat mengupas bengukuang. Kemudian, potong dadu.

Setelah air mendidih, masukkan bengkuang dan aduk sebentar. Diamkan sekitar 5 menit, lalu angkat dan tiriskan. Bagi bengkuang menjadi tiga bagian untuk selanjutnya diberi pewarna sesuai dengan selera.

Siapkan baskom berisi tepung tapioka dan tepung maizena yang diaduk merata. Masukkan bengkuang yang telah diberi pewarna. Aduk kembali hingga tepung menutupi semua permukaan bengkuang, lalu ayak.

Rebus kembali air hingga mendidih, masukkan bengkuang yang telah dibaluri tepung. Sesekali perlu diaduk, supaya tidak lengket. Rebus sekitar 5 menit, lalu tiriskan.

Baca Juga: 6 Kandungan Nutrisi Penting Buah Bengkuang, Ada Vitamin C!

Verified Writer

Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya