TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busuk

Cabai bisa bertahan sampai satu minggu

ilustrasi cabai (unsplash.com/Elle Hughes)

Cabai merupakan salah satu bumbu masakan yang tak boleh terlewatkan di rumah. Meski rasa cabai sangatlah pedas, ternyata cabai sangat diminati. Beberapa orang bahkan mengaku belum puas ketika makan tetapi makanannya tidak pedas atau tidak ada sambalnya.

Mumpung harga cabai sedang murah, cobalah untuk menyimpan cabai dengan benar agar cabai ini bisa tahan lama. Berikut 5 cara menyimpan cabai agar tahan lama!

1. Sortir cabai

unsplash.com/Peter Hershey

Petama, yang harus dilakukan saat beli cabai dalam jumlah banyak adalah memisahkannya dari cabai yang busuk. Karena jika membiarkan cabai busuk tercampur dengan cabai yang masih segar atau baik, cabai tersebut akan lebih mudah ikutan busuk. Jadi buang yang busuk dan simpan cabai yang baik saja.

Baca Juga: 6 Trik Menghilangkan Sensasi Terbakar di Tangan Pasca Mengulek Cabai

2. Bungkus dengan sealed plastic

unsplash.com/MArina Casas

Setelah membersihkannya, simpan di dalam plastik yang bisa ditutup rapat. Lapisi dengan kertas untuk menjaga lingkungan cabai agar tidak terlalu lembap. Jika terlalu lembap, cabai mudah busuk.

3. Jangan memetik batangnya

unsplash.com/Elle Hughes

Biarkan batang cabai menempel begitu saja pada pangkalnya. Jangan dipetik atau sengaja dibuang karena cabai tanpa pangkalnya yang hijau akan lebih cepat busuk, kecuali jika ingin segera dipakai.

4. Mengeringkan cabai

unsplash.com/Shyam Sundar

Untuk cabai yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan, cara menyimpannya adalah dengan mengeringkan cabai kemudian menyimpannya di wadah tertutup. Tempatkan cabai kering di tempat yang kering pula. Ketika hendak digunakan, cabai kering cukup direndam dengan air panas kemudian dihaluskan bersama bumbu lain seperti biasa.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Makan Cabai Rawit, Kaya akan Vitamin!

Verified Writer

Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya