TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memilih Buah Nanas yang Manis, Pahami biar Gak Salah Beli

Rasa dan teksturnya enak banget

ilustrasi buah nanas (pixabay.com/senjakelabu29)

Rasanya asam dan manis sekaligus, buah nanas memang jadi salah satu buah-buah yang cocok diolah jadi makanan atau minuman apa pun. Bisa dimakan langsung, diolah jadi makanan gurih, atau makanan manis, semuanya bisa.

Namun, sebelum itu, kamu harus memilih buah nanas yang bagus kualitasnya dan matang sempurna. Biar tak salah pilih, pahami dulu tips dan cara memilih buah nanas yang manis berikut ini!

1. Perhatikan warnanya

ilustrasi buah nanas (pexels.com/SHVETS production)

Pertama, perhatikan warna buah nanas. Nanas yang kualitasnya baik biasanya berwarna kuning kehijauan. Hindari nanas yang berwarna oranye karena terlalu matang, sehingga teksturnya kurang renyah. 

2. Remas perlahan buah nanas

ilustrasi buah nanas (jesmondfruitbarn.com)

Remas perlahan buah nanas untuk mengetahu tingkat kematangannya. Nanas yang bagus memiliki kulit yang sedikit empuk, tapi kokoh. Hindari nanas yang terlalu keras dan terlalu lembek. 

3. Cium aroma nanas

Ilustrasi buah nanas (today.com)

Cium aroma buah nanas dengan seksama. Kalau aromanya manis, bisa dipastikan nanasnya sudah matang. Kalau tidak ada aromanya, bisa saja nanas belum matang sempurna. 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Buah Bit yang Matang

4. Bandingkan berat buahnya

illustrasi buah nanas (unsplash.com/@pineapple)

Berat buah nanas bisa menjadi tanda kematangannya. Kalau nanasnya cukup berat, itu tandanya nanas matang dan mengandung banyak air. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya