TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Membuat Gari, Acar Jahe asal Jepang Pendamping Sushi

Acar ini akan menetralisir mulut karena rasanya sangat segar

ilustrasi gari acar jahe dari jepang (pixabay.com/photogrammer7)

Saat berada di restoran Jepang dan hendak menyantap sushi, biasanya kamu akan diberi komponen pelengkap berupa saus cocolan, acar, dan wasabi. Tahukah kamu, ternyata acar berwarna kemerahan tersebut dikenal sebagai gari yang terbuat dari jahe?

Gari memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan sedikit pedas khas rempah-rempah. Selain ditemukan di restoran Jepang, kamu juga bisa membuat acar ini sendiri. Dilansir The Spruce Eats, begini resep mudah membuat gari, acar jahe asal Jepang.

1. Siapkan bahan-bahan

ilustrasi jahe (pixabay.com/683440)

Bahan-bahan acar jahe:

  1. 900 gram jahe
  2. 3 cangkir cuka beras
  3. 2 cangkir gula pasir
  4. 2 sdt garam

Baca Juga: 7 Jenis Olahan Ikan Asal Jepang yang Jadi Favorit Banyak Orang

2. Cara membuat acar jahe gari

ilustrasi air mendidih (pixabay.com/Three-shots)

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, siapkan jahe dan kupas kulitnya sampai bersih. Setelah itu iris-iris rempah tersebut dengan ketebalan yang pas, tidak terlalu tipis ataupun tebal. Pindahkan ke mangkuk.
  2. Berikutnya, masukkan garam ke dalam mangkuk dan aduk-aduk sampai rata. Diamkan adonan selama 1 jam ke depan.
  3. Selanjutnya siapkan alas lebar atau loyang yang sudah dialasi tisu dapur. Simpan potongan jahe di atasnya dan biarkan sampai agak kering.
  4. Setelah itu, siapkan wadah berupa jar bersih dan pindahkan jahe ke dalamnya.
  5. Di tempat terpisah, siapkan panci dan masukkan gula pasir beserta cuka beras ke dalamnya. Masak sampai adonan mendidih dan gula larut, matikan kompor.
  6. Tuangkan adonan cuka ke dalam jar berisikan jahe. Kemudian tunggu selama beberapa menit sampai agak dingin. Masukkan ke kulkas, diamkan beberapa jam.
  7. Gari pun siap disajikan.

3. Perhatikan jenis jahe yang digunakan

ilustrasi jahe (pixabay.com/Andrea)

Dalam proses pembuatan gari tidak semua jenis jahe mampu menghasilkan acar yang sempurna. Jenis yang paling dianjurkan untuk membuat makanan pendamping ini adalah jahe muda.

Jahe muda merupakan bahan favorit untuk pembuatan acar atau manisan. Ciri khas tanaman ini terletak pada warnanya yang pucat, ukurannya besar-besar, dan rasanya cenderung ringan daripada jahe tua yang sangat intens.

Hal ini juga yang turut mempengaruhi warna acar. Jadi, pastikan kamu memilih jenis jahe yang sesuai supaya gari lebih enak dan otentik saat dimakan.

4. Masa penyimpanan gari

ilustrasi wadah penyimpanan (unsplash.com/Jess Bailey)

Gari adalah acar yang awet disimpan berhari-hari bahkan hingga bulan jika penyimpanannya tepat. Pastikan wadah yang kamu gunakan sudah disterilisasi supaya bebas kuman dan makanan semakin tahan lama.

Letakkan gari di dalam wadah kedap udara dan simpan di kulkas supaya lebih aman. Dengan begitu, gari atau acar jahe ala Jepang ini bisa kamu nikmati dalam waktu lama. Selalu pastikan alat-alat makan untuk mengambil gari dalam keadaan bersih, ya.

Baca Juga: Resep Homemade Furikake, Abon Rumput Laut Nori Khas Jepang

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya