TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Pizza Crouton, Camilan Garing dari Bahan Sisa

Kamu bisa bikin camilan enak dengan dua bahan

ilustrasi pizza crouton (pexels.com/Cats Coming)

Melihat sisa makanan memang bikin serbasalah. Kebetulan beberapa olahan yang didiamkan terlalu lama membuat kualitas rasanya jadi menurun. Kita pun bisa enggan menikmatinya kembali.

Kalau sudah begini, seseorang mesti memutar otak agar bisa memanfaatkan sisa makanan. Apalagi kalau sisa makanan itu berbentuk pizza

Daripada didiamkan sampai gak bisa dimakan, ada baiknya olah makanan tersebut menjadi crouton, makanan ringan supergaring. Simak resep resep pizza crouton di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan

ilustrasi pizza (pexels.com/Brett Jordan)

Bahan pizza crouton:

  • Pizza sisa
  • Minyak atau mentega untuk memasak

Baca Juga: 5 Olahan Nikmat dari Crouton, Bisa Memanfaatkan Roti Sisa!

2. Potong-potong pizza sisa

ilustrasi pizza potong (pexels.com/Anna Shvets)

Crouton identik dengan bentuknya yang mungil, bahkan ada yang hampir menyerupai besaran berondong jagung. Maka dari itu, ukuran pizza yang lebar mesti dipotong-potong terlebih dahulu biar penampilannya mirip crouton asli.

Kamu perlu menggunakan pisau tajam untuk membagi pizza menjadi ukuran yang lebih kecil. Bentuknya bisa disesuaikan dengan selera. Namun, baiknya jangan terlalu besar atau terlalu mini.

3. Panaskan wajan dengan minyak atau mentega

ilustrasi wajan penggorengan (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada berbagai cara simpel untuk membuat pizza sisa agar memiliki tekstur serupa crouton. Cara pertama adalah dengan memanggangnya menggunakan oven selama beberapa menit.

Cara kedua, kamu hanya perlu menyiapkan wajan dan masukkan sedikit minyak atau mentega. Biarkan sampai meleleh, kemudian masukkan potongan pizza ke dalamnya. Masak hingga berubah keemasan.

4. Lama memasak pizza crouton

ilustrasi pizza crouton (pixabay.com/Tomasz Mikołajczyk)

Pada beberapa jenis pizza, topping yang digunakan cukup melimpah. Jika kondisi pizza yang hendak kamu buat menjadi crouton masih memiliki topping, maka proses memasaknya cukup 3 menit.

Kalau pizza kamu memiliki topping keju, tinggal masak hingga rotinya kering. Pastikan kejunya meleleh. Ini akan membuat crouton jadi lebih sedap ketika disajikan sebagai camilan di rumah.

Baca Juga: Resep Pizza Krispi Tanpa Oven ala Devina Hermawan, Bebas Gluten!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya