TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Ayam Bumbu Hitam khas Madura, Menu Legendaris Penghabis Nasi

Kamu pasti gak bisa nolak makanan ini!

ayam bumbu hitam (Instagram.com/garagekitchen.id)

Ayam bumbu hitam khas Madura sudah menjadi salah satu hidangan yang tidak asing lagi. Tidak hanya terkenal di daerah asalnya, ayam bumbu khas Madura sudah ada di mana-mana. Hidangan legendaris ini memiliki cita rasa yang gurih dengan bumbu khasnya menjadikan kelezatan hidangan ini tiada duanya.

Di daerah Madura olahan ini seringkali diolah dengan menggunakan daging bebek. Namun seiring berjalannya waktu hidangan ini juga bisa diolah dengan daging ayam. Tidak perlu datang ke Madura untuk menikmati hidangan legendaris ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep ayam bumbu hitam khas Madura berikut ini.

Bahan Ayam Bumbu Hitam khas Madura

ilustrasi bahan-bahan (pexels.com/Vanessa Loring)

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

  1. 500 gram ayam potong
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 4 lembar daun jeruk
  4. Merica bubuk, garam, dan kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus:

  1. 13 siung bawang merah
  2. 7 siung bawang putih
  3. 9 buah cabai keriting
  4. 20 buah cabai rawit merah
  5. 2 butir kemiri
  6. 1 batang sereh
  7. ½ sdm ketumbar
  8. 2 cm jahe
  9. 2 cm lengkuas
  10. 1 cm kunyit

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Bebek Bumbu Hitam di Malang

Cara Membuat Ayam Bumbu Hitam khas Madura

ilustrasi memotong ayam (pexels.com/Ragil Tagiyev)
  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian kemudian cuci bersih, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.
  2. Masukkan ayam, bumbu halus, daun jeruk, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk dalam wajan. Kemudian tambahkan air secukupnya.
  3. Ungkep ayam bersama bumbu hingga empuk dan matang. Jika belum empuk, kamu bisa menambahkan air dan masak kembali hingga empuk.
  4. Setelah sudah empuk, ambil ayamnya lalu goreng hingga matang. Kemudian siapkan wajan baru. Masukkan sedikit minyak sisa menggoreng ayam tadi untuk menumis sisa bumbu hingga gelap dan harum. Pastikan bumbu matang sempurna dan tidak gosong.
  5. Terakhir, sajikan ayam dengan baluran bumbu. Ayam bumbu hitam khas Madura siap dinikmati.

Tips Memasak Ayam Bumbu Hitam khas Madura

ilustrasi memasak (pexels.com/Gary Barnes)

Tips memasak bumbu agar tidak langu:

Bumbu langu disebabkan karena saat menumis bumbu belum matang. Bumbu yang matang biasanya memiliki aroma yang harum dan warnanya lebih gelap. Maka dari itu, jangan masak bumbu dengan buru-buru agat bumbu matang sempurna.

Selain itu, cara memasak bumbu yang tidak benar juga menyebabkan bumbu menjadi langu lho. Nah, cara memasak bumbu yang benar adalah tidak menambahkan air atau bahan lainnya saat menumis bumbu. Perhatikan pula jumlah takaran bumbu halus yang akan ditumis agar rasanya pas dan tidak langu.

Fakta Menarik Ayam Bumbu Hitam khas Madura

ilustrasi ayam bumbu hitam (instagram.com/mia_yuks)

Warna hitam pada bumbu hitam khas Madura menjadi ciri khas khusus yang membedakannya dengan hidangan lainnya. Bumbu yang kaya rempah-rempah menjadikan hidangan ini gurih dan nikmat ketika dikonsumsi.

Selain itu, di Madura bumbu hitam ini biasanya tidak diolah dengan daging ayam melainkan diolah dengan daging bebek.

Meskipun tampilan bumbu ini hitam, namun hidangan legendaris ini menjadi makanan favorit banyak orang dan sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia.



Baca Juga: Resep Ayam Goreng Rempah Tanpa Ungkep yang Bumbunya Meresap

Verified Writer

Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya