TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sup Melon Sagu Mutiara, Ide Takjil Segar yang Cocok buat Berbagi

Yuk beramal di Bulan Puasa dengan berbagi takjil!

sup melon sagu mutiara (YouTube.com / Pailin’s Kitchen)

Bulan Puasa menjadi bulan yang suci, di mana tiap amal dan perbuatan yang dilakukan di bulan ini akan dilipatkan pahalanya. Salah satu kegiatan yang umum dilakukan adalah dengan berbagi takjil, makanan berbuka, hingga sahur. Tapi, terkadang kita bingung ingin membuat apa untuk dibagikan.

Kamu gak usah bingung. Bikin aja sup melon sagu mutiara. Pembuatannya yang mudah dan simple, serta rasanya yang segar dan nikmat akan mudah disukai banyak orang. Terlebih lagi setelah menahan lapar dan haus setelah berpuasa.

Jika kamu tertarik membuatnya, simak resep sup melon sagu mutiara ini sampai habis ya!

Bahan Sup Melon Sagu Mutiara

ilustrasi sagu mutiara (wikimedia.org/orphanjones)
  1. 50 gram sagu mutiara
  2. 180 ml air kelapa
  3. 80 ml santan
  4. 80 ml susu full cream
  5. 37 gram gula atau sesuai selera
  6. 5 ruas jari daun pandan (opsional)

Baca Juga: Resep Vatrushka, Roti Tradisional Rusia yang Cocok buat Takjil

Cara Membuat Sup Melon Sagu Mutiara

ilustrasi melon (pexels.com/ Phạm Thành Đạt)
  1. Untuk membuat kuah sup, campur air kelapa, santan, susu, gula, dan daun pandan dalam panci kecil. Didihkan, lalu angkat dari api. Biarkan dingin sampai suhu ruangan hingga hangat, kemudian dinginkan di lemari es sampai dingin.
  2. Dengan menggunakan kerokan bulat, kerok melon hingga berbentuk seperti bola atau hanya potong melon menjadi dadu berukuran ½ ruas jari. Dinginkan melon di lemari es.
  3. Didihkan 6 gelas air hingga mendidih penuh. Masukkan sagu mutiara ke dalam air mendidih secara bertahap dan aduk hingga air kembali mendidih penuh lagi. Setelah air benar-benar mendidih lagi, kamu dapat berhenti mengaduk dan biarkan mereka mendidih selama sekitar 12 menit, hingga bagian sagu mutiara transparan.
  4. Saring sagu mutiara dengan menggunakan saringan halus dan masukkan langsung ke dalam mangkuk berisi air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Saring melalui saringan dan bilas dengan air dingin sampai sagu mutiara benar-benar dingin. Tiriskan dan bagi ke dalam mangkuk saji segera.
  5. Tambahkan bola melon ke setiap mangkuk saji dengan sagu mutiara yang sudah ada di dalamnya, kemudian tuangkan kuah sup di atasnya. Sajikan dingin.

Verified Writer

Masrurotul Hikmah

A girl with ADHD and still learn to manage it!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya