TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Es Gabus Pelangi, Jajanan Masa Kecil yang Menyegarkan

Anak 90-an pasti pernah mencicipinya, nih

instagram.com/fridajoincoffee

Generasi 90-an cukup beruntung, karena terlahir dengan beragam jajanan yang enak. Salah satu yang tak terlupakan adalah es gabus. Yap, jajanan satu ini paling sering dijual di depan sekolah dulu, ingat gak?

Sekarang sudah sangal sulit menemukan es gabus. Nah, kita bisa mengkreasikannya sendiri di rumah. Berikut resep membuat es gabus dengan warna cantik bak pelangi. 

1. Bahan-bahan yang harus tersedia

bobsredmill.com

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung hunkwe
  • 400 gram gula pasir
  • 600 ml santan
  • 600 ml susu cair
  • garam secukupnya
  • pewarna merah, kuning, hijau secukupnya

Baca Juga: Resep Es Potong Sereal Bar ala Yummy, Mood Booster Saat Cuaca Panas

2. Aduk tepung dengan susu dan santan

cookingclassy.com

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung hunkwe ke dalamnya. Tambahkan pula gula pasir, susu cair, santan, dan garam. Aduk adonan hingga kalis dan tercampur rata.

Setelah itu, bagi adonan menjadi tiga bagian sama rata ke dalam mangkuk. Berikan pewarna dengan berbeda warna di setiap adonan, masing-masing sebanyak lima tetes. Aduk kembali hingga berubah warna.

3. Masak adonan hingga meletup-letup

wellseasonedstudio.com

Masukkan adonan merah terlebih dahulu ke dalam panci, lalu masak dengan api kecil. Aduk sesekali hingga adonan meletup-letup dan terasa berat. Tuang adonan merah ke dalam cetakan yang sudah di alasi dengan plastik tebal, lalu ratakan.

Selanjutnya, giliran adonan kuning yang dimasak hingga meletup-letup. Lakukan proses yang sama sampai adonan terasa berat. Jika sudah matang, segera angkat dan tuang di atas adonan merah.

Baca Juga: Resep Es Jagung Manis yang Segar dan Creamy, Rasanya Bikin Ketagihan 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya