TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Bakpao Rasa Pisang, Kombinasi Rasa yang Unik​​​​​​​

Para pencinta bakpao wajib coba resep ini

bakpao rasa pisang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Musim hujan seperti saat ini membuat kita menginginkan kudapan yang hangat dan nikmat. Salah satu makanan yang nikmat disantap saat hujan adalah bakpao. Hangat dan lembutnya bakpao dijamin akan memanjakan lidah. Jika memiliki waktu luang, kamu bisa membuat bakpao sendiri di rumah melalui resep roti bakpao berikut.

Resep roti bakpao yang satu ini cukup berbeda dari yang lainnya. Sebab, rasa yang digunakan adalah rasa pisang! Unik banget, kan? Penasaran dengan cara membuatnya? Catat resepnya di bawah ini ya!

1. Sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan 

ilustrasi bahan-bahan (pexels.com/@flora-westbrook)

Untuk membuat bakpao rasa pisang, bahan-bahan yang dibutuhkan dibagi menjadi dua yaitu adonan bakpao dan isian berupa krim rasa pisang. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Bahan adonan bakpao:

  • 200 gram tepung terigu
  • 3 gram baking powder
  • 10 gram gula
  • 3 gram garam
  • 3 gram ragi kering
  • 130 gram susu pisang
  • 10 gram mentega tawar
  • Pewarna makanan secukupnya

Bahan isian:

  • 2 butir kuning telur
  • 20 gram gula
  • 12 gram tepung maizena
  • 200 gram susu pisang hangat

2. Buat krim pisang untuk isian bakpao 

ilustrasi adonan krim (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat krim pisang, pertama, campurkan dua butir kuning telur dan gula sesuai takaran. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur secara rata. Kemudian tambahkan tepung maizena. Lalu aduk kembali hingga rata. Setelah itu, masukkan susu pisang hangat sedikit demi sedikit. Aduk kembali hingga rata.

Selanjutnya, masak semua bahan tadi menggunakan api sedang. Masak hingga mendidih dan mengental. Setelah matang, angkat dan tuang ke dalam cetakan. Masukkan krim pisang yang telah dicetak tadi ke dalam kulkas agar mengeras.

Baca Juga: 10 Tips Bikin Bakpao Kukus yang Empuk dengan Isian Melimpah

3. Buat adonan bakpao 

ilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah besar. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah tersebut. Lalu tambahkan dengan gula, garam, dan ragi kering sesuai takaran. Lalu masukkan susu pisang dan pewarna makanan berwarna kuning sesuai selera. Setelah itu, campur semua bahan tadi menggunakan mixer. Setelah tercampur, tambahkan mentega tawar sesuai takaran. Aduk kembali hingga adonan menjadi kalis.

Setelah adonan jadi, bentuk adonan menjadi bulat besar. Bagi adonan menjadi delapan bagian. Kemudian, bentuk ke delapan bagian adonan tadi menjadi bulat. Lalu diamkan selama 15 menit hingga adonan mengembang.

4. Isi adonan bakpao dengan krim pisang yang telah mengeras 

ilustrasi membentuk adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonan mengembang, pipihkan dan beri isian krim pisang yang telah mengeras. Tutup kembali adonan hingga berbentuk bulat. Pastikan untuk menutup rapat adonan agar saat dikukus krim pisang tidak bocor. Lakukan langkah yang sama terhadap delapan adonan bakpao tadi. Setelah selesai, diamkan adonan bakpao selama 15 menit hingga mengembang.

Baca Juga: Resep Bakpao Ayam Jamur ala Devina MCI, Rasanya Super Homie!

Verified Writer

Nurdiana A D

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya