TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan yang Secara Alami Punya Rasa Umami, Gak Perlu Micin!

Kurangi micin, yuk!

meghantelpner.com

Umami adalah salah satu dari lima rasa utama yang juga termasuk manis, pahit, asam, dan garam. Diterjemahkan dari bahasa Jepang, kata tersebut berarti “rasa yang menyenangkan dan gurih”. Tapi sebenarnya rasa umami itu seperti apa lebih tepatnya? Yang lain menggambarkannya sebagai rasa penuh daging.

Biasanya umami identik dengan MSG yang sering kamu lihat di iklan. Tapi tahukah kamu kalau secara alami rasa umami juga dihasilkan oleh lima makanan ini?

1. Daging

unsplash.com/@ninjason

Daging mentah dan daging sapi yang matang seperti dendeng, memiliki kadar glutamat yang tinggi. Ada sekitar 10 mg kandungan glutamat per tiga setengah ons daging sapi, menurut Asosiasi Glutamat. Ini sebabnya burger adalah hidangan umami terbaik, terutama karena kamu dapat mengombinasikannya dengan makanan umami lainnya.

Daging babi dan ayam juga memiliki rasa glutamat dan umami yang cukup banyak.

Baca Juga: 6 Fakta Rasa Umami, Rasa Gurih yang Dikenal Berasal dari MSG

2. Rumput laut

unsplash.com/@dylara

Rumput laut adalah salah satu makanan umami yang kaya akan glutamat. Tergantung pada jenis rumput lautnya, rata-rata kadar glutamat berkisar antara 1.200 hingga 3.000 mg per tiga ons rumput laut. Kaldu dan saus tradisional Jepang sering mengandung rumput laut untuk mengeluarkan rasa umami mereka.

Faktanya, rasa rumput laut yang umami, gurih, dan asin membuat beberapa orang kerap membandingkan rumput laut goreng dengan bacon.

3. Green tea

unsplash.com/@np254

Teh hijau mengandung 32 mg glutamat gratis per tiga setengah ons minuman. Teh ini juga kaya akan asam amino theanine yang menurut penelitian mirip dengan glutamat dan juga berkontribusi terhadap rasa umami intinya. 

4. Keju

unsplash.com/@pl_gt

Semakin tua dan kuat keju, semakin baik rasa umaminya. Seiring bertambahnya usia, keju mengalami proteolisis atau memecah menjadi asam amino dan meningkatkan kadar asam glutamatnya. Kadar umami meningkat pada makanan yang mengalami fermentasi dan pematangan.

Keju parmesan Italia adalah salah satu makanan umami yang sangat enak karena butuh 24 hingga 36 bulan agar rasa dapat berkembang sepenuhnya.

Baca Juga: Sama-sama Punya Rasa Umami, Ini 7 Bahan Alami Pengganti MSG

Verified Writer

Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya