TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Strawberry Pie yang Segar, Camilan Rumahan Seenak Resto

Cocok untuk camilan, hadiah, hingga suguhan tamu

ilustrasi strawberry pie (pixabay.com/Alberto_Guevara87)

Pie merupakan kudapan yang terbuat dari kulit kue kering dan isian beraneka ragam, termasuk buah-buahan. Stroberi menjadi salah satu isian pie yang cukup digemari karena menyuguhkan cita rasa manis sekaligus asam pada hidangan asal Yunani ini.

Karena cara membuat yang mudah dan visualnya yang cantik, pie sering kali menjadi hadiah atau suguhan kepada tamu saat acara tertentu, lho. Bagi yang ingin mencobanya, berikut resep strawberry pie ala rumahan yang legit. Yuk, intip apa saja bahan-bahannya!

Baca Juga: Resep Pie Cheese Cake, Sajian untuk Tahun Baru yang Manis dan Creamy 

Bahan Strawberry Pie

ilustrasi semangkuk stroberi (pixabay.com/allanlau2000)

Bahan kulit:

  1. 350 gram tepung terigu
  2. 150 gram mentega
  3. 50 gram margarin
  4. 100 gram gula bubuk
  5. 2 butir kuning telur
  6. 2 sdm susu bubuk

Bahan isian:

  1. 400 gram stroberi
  2. 50 gram gula pasir
  3. air secukupnya

Bahan vla:

  1. 1 sdm tepung maizena
  2. 3 sdm air

Cara Membuat

ilustrasi pembuatan kulit pie (pixabay.com/ds_30)
  1. Campurkan bahan kulit satu per satu, aduk rata. Uleni sebentar, kemudian bentuk bulat dan bungkus dengan plastic wrap. Simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
  2. Selagi menunggu adonan set, potong-potong kecil stroberi, lalu campurkan dengan air dan gula dalam teflon. Masak hingga gula larut dan stroberi sedikit hancur.
  3. Campurkan tepung maizena dan air hingga larut. Tuang dalam teflon. Aduk rata hingga mengental. Tunggu hingga matang, lalu angkat. Biarkan dingin.
  4. Keluarkan adonan kulit, uleni sebentar lalu siapkan cetakan. Bentuk kulit pie, ratakan di dalam cetakan. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celsius selama 10 menit.
  5. Panggang kulit pie hingga matang berwarna kuning keemasan sekitar 15 menit, lalu keluarkan sebentar untuk diisi dengan vla.
  6. Panggang lagi selama 5 menit. Namun, pastikan kulit pie tidak terlalu berwarna cokelat atau gosong. Keluarkan dan biarkan dingin.
  7. Setelah dingin, bungkus strawberry pie jika akan diberikan sebagai hadiah atau potong untuk disajikan menjadi camilan.

Baca Juga: Resep Tiramisu Strawberry No Oven, Dessert Simpel untuk Keluarga

Verified Writer

Anis

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya