TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Squash dan Sirup

Kamu lebih suka yang mana?

recipescloud.com

Minuman manis sangat digemari ketika bulan puasa. Kolak dan dawet menjadi minuman populer yang paling dicari sebagai menu berbuka. Keduanya menjadi primadona karena bisa sebagai penghilang dahaga dan memberi efek kenyang secara instan.

Meski demikian, bagi sebagian orang lebih memilih minuman yang simpel. Es sirup atau squash misalnya yang sering menjadi campuran es buah. Namun, kebanyakan orang salah kaprah karena menganggap es sirup dan squash adalah sama. Faktanya, mereka berbeda lho. Apa saja sih bedanya?

1. Komposisi sari buah di sirup hanya minor.

tropicanaslim.com

Squash merupakan sari buah asli yang ditambahkan soda. Sedangkan, sirup biasanya terbuat dari larutan gula yang ditambahi perasa dan pewarna buatan. Beberapa sirup menggunakan sari buah asli sebagai perasanya. Tapi, proporsinya lebih sedikit dibandingkan gulanya. Sirup berbagai rasa biasa digunakan sebagai campuran es buah.

Baca juga: Cara Buat 7 Minuman Segar Untuk Menu Takjil Buka Puasa

2. Tekstur squash lebih cair.

tastespotting.com

Dilihat dari segi tekstur, squash lebih cair dibandingkan sirup yang lebih kental. Hal ini dikarenakan kandungan gula dalam sirup lebih banyak. Sedangkan, tekstur cair squash dipengaruhi dari komposisi sodanya.

3. Rasa squash lebih segar karena ada asamnya.

recipescloud.com

Sirup dan squash sama-sama memiliki rasa dominan manis. Bedanya, squash memiliki rasa yang lebih segar dan asam karena campuran sari buah dan soda. Sedangkan sirup, rasanya sangat manis dan kental karena dominan kandungan gula. Ada rasa mawar, melon, vanila, mocca, dan sebagianya.

Baca juga: Inilah Jawaban Kenapa Sirup Cocopandan Warnanya Merah, Bukan Hijau!

Verified Writer

Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya