TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Karakteristik Cita Rasa Makanan dari Berbagai Negara, Mana Seleramu?

Tiap negara punya ciri khasnya tersendiri lho

Unsplash/Florian Metzner

Kuliner menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari suatu negara. Sama halnya seperti karakteristik dari letak geografis maupun budaya, kuliner juga memiliki peranan penting yang menjadi indentitas dari suatu bangsa. Tak heran bila banyak negara yang berlomba-lomba dalam mempromosikan kulinernya agar semakin mendunia dan dikenal oleh masyarakat luas.

Tiap negaranya tentu saja memiliki cita rasa dan karakteristik tersendiri ketika kita mencicipinya. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja karakteristik makanan dari berbagai negara di belahan dunia, berikut lima daftarnya! 

1. India

edtimes.in

India memiliki ciri khas yang lebih terlihat dari segi kulinernya. Olahan khas India cenderung terasa lebih kuat dari segi rasa, aroma, dan tekstur. Hal ini disebabkan karena banyaknya bumbu maupun rempah yang digunakan selama proses pengolahan. Tak heran bila memang kuliner India memainkan peranan penting dari segi warna dan rasa. 

Baca Juga: 5 Makanan ini Diprediksi Bakal Jadi Tren di 2020, Favoritmu yang Mana?

2. Italia

Unsplash/Mgg Vitchakorn

Bila beralih ke salah satu negeri yang terletak di Eropa dan memiliki landmark, yaitu Menara Pisa tentu rasanya kita tidak akan ragu bila menyebut Italia sebagai negara dengan kuliner yang khas dan mendunia.

Seperti yang kita ketahui bahwa Italia memiliki cita rasa yang khas akan olahan susu, sebut saja berbagai menu yang menggunakan keju sebagai bahan utamanya. Hal inilah yang membuat olahan khas Italia akan cenderung terasa creamy dan menggugah selera. 

3. Indonesia

babbel.com

Jika kamu mencari olahan dari suatu negara yang kaya akan rempah, termasuk yang paling lezat di dunia dan juga banyak diadaptasi melalui berbagai olahan dari berbagai bangsa, maka kuliner Indonesialah jawabannya.

Bukan rahasia umum bila memang Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan rempah dan bumbu. Hal ini lah yang membuat Indonesia memiliki karakteristik cita rasa olahan yang beragam, dari mulai gurih hingga pedas. 

4. Amerika

Unsplash/Helen Martinez

Apabila kamu ingin belajar memasak, maka disarankan untuk mencoba membuat olahan khas Amerika. Hal ini karena menu-menu dari Negeri Paman Sam ini memang dikenal sederhana dan menggunakan bahan yang tidak begitu rumit. Sebut saja seperti permainan dalam menggunakan saus tomat dan saus sambal, atau bumbu-bumbu lain seperti lada, garam, dan rempah lainnya.

Tentunya hal ini berbeda bila dibandingkan olahan khas Eropa maupun Asia yang banyak memainkan rempah. 

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Tiny Food, Memasak Makanan dengan Ukuran Mini

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya