TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membuat Karupuak Jariang alias Kerupuk Jengkol Khas Padang

Tidak bau seperti olahan jengkol lainnya

kerupuk jengkol balado (instagram.com/foodlist.i)

Karupuak jariang atau kerupuk jengkol merupakan kerupuk khas Padang yang sangat digemari oleh masyarakatnya. Meskipun berbahan dasar jengkol, olahan jengkol yang satu ini tidak bau dan mudah dibuat. Yuk, simak resep untuk membuatnya berikut ini!

1. Bahan membuat karupuak jariang

jengkol mentah (instagram.com/elfhy_nuamoorea)

Bahan:

  • 1 kg jengkol tua
  • 4 lembar daun salam
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng 
  • air secukupnya untuk merebus jengkol

2. Rebus jengkol sampai empuk

jengkol rebus (instagram.com/christina_soesilo)

Kupas kulit bagian luar jengkol, kemudian belah menjadi dua keping. Rendam jengkol dalam air selama kurang lebih 20 menit, kemudian ganti airnya, dan rendam kembali selama 20 menit.

Selanjutnya, sediakan wajan atau panci berisi air. Masukkan jengkol, daun salam, dan beri garam secukupnya. Rebus jengkol sampai benar-benar empuk, kemudian dinginkan.

Baca Juga: Resep Kerupuk Leak, Camilan Kerupuk Mie Berkuah dari Sumatera Barat

3. Pipihkan jengkol rebus

membuat kerupuk jengkol (Instagram.com/rendang_one)

Setelah jengkol cukup dingin, ambil satu lembar plastik bening sekitar satu setengah jengkal. Baluri bagian atas plastik dengan minyak goreng agar tidak lengket. Selanjutnya, letakkan satu keping jengkol rebus di atas plastik dan lipat dua plastik sampai menutupi jengkol.

Kemudian dengan menggunakan batu ulekan, pipihkan jengkol rebus sampai tipis dan lebar. Setelahnya, dengan hati-hati pindahkan jengkol pipih ke atas nampan penjemur. Lakukan sampai semua jengkol rebus habis.

4. Jemur sampai kering

menjemur kerupuk jengkol (Instagram.com/patricia_ika)

Jemur jengkol yang sudah dipipihkan di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah itu, kerupuk jengkol siap untuk digoreng.

Proses penjemuran biasanya memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 hari, tergantung tingkat kepanasan matahari. Usahakan menjemurnya di bawah matahari langsung agar tidak tumbuh jamur.

Verified Writer

Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya