Comscore Tracker

Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk Itu Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya!

Air es punya sensasi dingin, menyegarkan dan menenangkan

Samarinda, IDN Times - Sering banget beredar info di sekitar kita bahwa sehabis mengonsumsi makanan berminyak dan mengandung lemak tinggi tidak boleh minum air dingin, karena bisa bikin lemak menggumpal. Lalu selepas berolahraga "katanya" lebih baik minum air hangat agar kalori lebih banyak terbakar. Eh, memangnya apa itu benar?

Bagaimana sebenarnya dua premis itu menurut pandangan medikus? Sekadar mitos atau memang fakta?

Berikut ini penjelasan dr. Desy Ayu, dokter umum di Rumah Sakit Samarinda Medika Citra mencoba membongkarnya. Check it out!

1. Minum air dingin dapat membantu program diet

Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk Itu Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya!Ilustrasi program diet (berkshireeagle.com)

Saat berolahraga, tubuh memerlukan cairan untuk kembali menyegarkan dan membakar semangat. Jadi, air yang segar adalah pilihan yang pas.

"Air dingin memiliki sensasi dingin yang menyegarkan dan membuat tubuh berangsur-angsur tenang. Jadi bagus untuk dikonsumsi saat kamu lagi berolahraga," ungkap Desy.

Air yang diisi banyak batu es tidak akan menghambat lemak terbakar atau menggumpalkannya, seperti eksperimen minyak yang diisi oleh batu es lalu tergumpal. Jangan keburu menyimpulkan ya, kamu perlu tahu fakta dari ahlinya.

"Tubuh memiliki sistem pengaturan yang dapat membuat kondisi tubuh menjadi seimbang. Sistem pengaturan tersebut dikerjakan oleh sistem saraf dan hormon. Jadi baik air hangat atau dingin, suhunya akan netral ketika masuk ke dalam tubuh," jelasnya.

Baca Juga: Rajin Olahraga  dan Diet tapi Berat Badan Tak Turun? Ini Penyebabnya!

2. Air hangat tidak berguna membakar kalori

Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk Itu Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya!Ilustrasi minum air hangat (omigy.com)

Tubuh memiliki mekanisme yang dapat mempertahankan lingkungan internalnya dengan konstan, istilah ini disebut homeostasis. Mekanisme inilah yang mengatur suhu air dingin atau hangat saat masuk ke dalam tubuh.

Saat kamu mengonsumsi batu es ataupun minuman dingin, pembuluh darah secara otomatis akan menghangatkan cairan dingin dari kerongkongan dan lambung hingga tiba di usus dalam temperatur normal.

"Pun hal yang sama terjadi untuk air hangat. Kalau mau semakin terbakar kalorinya, ya, olahraga rutin," imbuhnya.

3. Minuman dingin yang mengandung tinggi glukosa itu yang bikin gemuk

Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk Itu Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya!Ilustrasi minuman manis (unsplash.com/The Creative Exchange)

Sebenarnya memang tak masalah kalau kamu suka mengonsumsi minuman dingin dengan banyak es batu. Sebab,  air dingin tanpa tambahan gula tentu tak membuat gemuk. Yang jadi soal itu ketika meminum air dingin beragam rasa dan mengandung tinggi glukosa maka bisa menaikkan berat badan.

"Meskipun minuman manis memiliki jumlah kalori berbeda-beda, namun hanya dengan air mineral jumlah kalori yang masuk bisa direduksi," tambahnya.

Sebab itu, Desy menyarankan untuk berteman dengan air mineral ketika sedang program diet daripada minum minuman manis. Serta dia mengingatkan untuk tidak percaya mitos yang beredar tanpa ada penelitian oleh para ahli.

Baca Juga: 10 Trik Diet yang Terlihat 'Menjanjikan' tapi Sebenarnya Berbahaya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You