TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disinformasi 3 Tahap Penyakit COVID-19 Viral di ASEAN, Ini Faktanya

Bukan hanya itu, pengobatannya pun hoaks!

pixabay.com/Tumisu

Dari bawang putih hingga nubuat ratusan tahun sebelumnya, dunia nyata digemparkan oleh berbagai hoaks dan disinformasi mengenai penyakit virus corona baru (COVID-19) yang disebabkan oleh virus corona baru (SARS-CoV-2).

Kali ini, sebuah hoaks beredar di media sosial Facebook bahwa serangan COVID-19 pada manusia terbagi menjadi tiga tahap. Sang oknum juga menyertakan "obat ajaib" untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Untuk "Cek Fakta" bersama IDN Times kali ini, saatnya kita menguji kebenaran "tiga tahapan COVID-19 dan obatnya! Yuk, simak baik-baik.

Baca Juga: Disinformasi Puisi Tahun 1919 tentang Pandemik COVID-19, Ini Faktanya

1. COVID-19 terbagi menjadi tiga tahapan?! Apa saja?

factcheck.afp.com

Meskipun sudah dihapus, jejak internet akan terus ada. Hoaks tersebut dibagikan pada 14 April 2020 oleh sebuah akun Facebook dari Filipina bernama "Patama Ni Madam." Sejak kemunculannya, hoaks tersebut sudah dibagikan lebih dari 600 kali dan disinyalir ada potensi ditranslasi ke bahasa-bahasa lain.

Tertulis dalam bahasa Tagalog campur Inggris, status yang bersifat hoaks tersebut mengatakan bahwa setelah 14 hari masa inkubasi COVID-19, akan muncul tiga tahapan yang disebabkan oleh infeksi SARS-CoV-2, yaitu:

  • Batuk,
  • Flu, demam tinggi, tenggorokan kering yang disertai batuk kering, dan suara serak, serta
  • Pneumonia.

Hoaks tersebut mengatakan beberapa hari pada tahap ke-2, keadaan pasien akan mendingan. Hore, tetapi, tunggu dulu! Hal tersebut ternyata adalah "calm before the storm". Kenapa? Karena tahap ke-3 adalah yang berbahaya, yaitu pneumonia!

2. Beserta peringatan, ada obat ajaib juga!

medicalnewstoday.com

"Waduh! Kalau begitu, ada obatnya?"

Jangan khawatir! Ada obatnya (menurut akun tersebut). Sehabis menakut-nakuti para pembacanya dengan tiga tahap mengerikan tersebut, hoaks tersebut mengatakan ada beberapa "obat" yang dapat kamu coba, yaitu:

  • Berkumur air hangat campur garam atau cuka,
  • Memakan jahe rebus dan jeruk kalamansi,
  • Memakan bawang putih (LAGI!?), serta
  • Terus minum air agar tenggorokan tidak kering.

Status tersebut kemudian dibagikan dengan narasi berbeda-beda, namun berisi satu hal yang sama: COVID-19 terbagi menjadi tiga tahap dan obatnya adalah 4 hal di atas.

Baca Juga: Terapi Plasma Konvalesen di Indonesia, Harapan Besar Melawan COVID-19

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya