TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Tanda Orang Mau Meninggal Menurut Medis, Seperti Apa?

Namun, bukan tanda pasti, ya

ilustrasi orang sakit (freepik.com/DC Studio)

Nyaris setiap dari kita tahu bahwa kematian merupakan misteri. Entah kapan datangnya dan tidak bisa diprediksi akan seperti apa kejadiannya. Meski demikian, penurunan fungsi tubuh menjelang akhir hayat bisa menampilkan kondisi tertentu yang lantas diadopsi menjadi tanda kematian. 

Perlu diingat bahwa tanda orang mau meninggal yang disebutkan ini berdasarkan pengamatan secara umum. Jika kamu mengalaminya, bukan berarti kamu akan segera meninggal. Masih banyak faktor penentu lain yang perlu dipertimbangkan, jadi tidak perlu parno, ya.

1. Lebih banyak tidur daripada biasanya

ilustrasi tidur di kamar tidur (pexels.com/RODNAE Production)

Seseorang yang mendekati kematian biasanya menjadi lebih pasif. Dilansir Medical News Today, kondisi ini terjadi karena proses metabolisme tubuh kian melemah. Alhasil, waktu yang dihabiskan untuk tidur jadi lebih lama daripada biasanya.

Kondisi ini pada umumnya terjadi selama 2 hingga 3 bulan sebelum kematian. Itulah kenapa orangtua atau orang yang sedang sakit tidak boleh dibiarkan terus berada di kasur. Sebisa mungkin mereka harus bergerak.

2. Nafsu makan menurun

ilustrasi perempuan tidak berselera makan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jumlah energi yang dibutuhkan menurun karena tubuh tak lagi aktif seperti semula. Dampaknya, orang yang bersangkutan akan mengalami penurunan nafsu makan. Ini juga menjadi salah satu tanda orang mau meninggal.

Jika kamu sedang merawat orang sakit atau orangtua yang memiliki gejala ini, jangan biarkan mereka tidak makan seharian. Tubuh tetap perlu nutrisi untuk bisa pulih dan aktif kembali. Berikan makanan yang mereka sukai, air minum, buah, dan suplemen jika dibutuhkan. Selain itu, jaga agar mereka tetap dehidrasi.

3. Jarang buang air bahkan sembelit

ilustrasi buang air kecil (unsplash.com/Giorgio Trovato)

Konsumsi obat-obatan tertentu mungkin menyebabkan seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Kondisi tersebut diperparah dengan rendahnya tingkat aktivitas, kurangnya asupan karena penurunan nafsu makan atau hal lainnya.

Menjelang akhir masa hidup manusia, kondisi ini bisa jadi jauh lebih parah karena sistem tubuh sudah mengalami penurunan kinerja. Obat pencahar mungkin direkomendasikan untuk membantu masalah ini.

4. Mual atau muntah

ilustrasi mual (freepik.com/jcomp)

Mual dan muntah mungkin menjadi tanda orang mau meninggal yang terlalu umum. Meski demikian, penyebab kondisi ini biasanya disebabkan oleh masalah khusus, seperti sembelit, berkurangnya nafsu makan, obat-obatan tertentu, bahkan tekanan secara emosional.

Guna meringankan kondisi ini, kamu bisa meminta dokter meresepkan obat antimual. Bisa juga menambahkan perawatan alternatif seperti teh jahe dan menghindari aroma tidak sedap dari makanan untuk mengurangi tingkat mual.

Baca Juga: 8 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol, Ampuh dan Cepat Tanpa Obat! 

5. Tubuh terasa sakit atau pegal

ilustrasi orang lelah (pexels.com/Ron Lach)

Beberapa minggu hingga hari menjelang kematian, seseorang mungkin akan merasa bahwa tubuhnya terasa sakit dan pegal. Dilansir Verywell Health, ini terjadi karena otot mereka melemah.

Akibatnya, mereka tak mampu melakukan hal-hal kecil seperti mengangkat benda atau berjalan. Pada saat seperti ini, bantuan dan dukungan dari orang terdekat sangat dibutuhkan.

6. Suhu tubuh menurun

ilustrasi termometer digital (pexels.com/Mikhail Nilov)

Dilansir WebMD, tanda orang mau meninggal berikutnya adalah menurunnya suhu tubuh. Kondisi ini terjadi karena sirkulasi darah menurun dan hanya fokus di area organ dalam saja. Padahal, sirkulasi itulah yang memberikan efek hangat pada tubuh kita. 

Tubuh akan terasa dingin jika disentuh dan kulit pun berubah menjadi lebih pucat. Bahkan pada sebagian area, kulit akan terlihat kebiruan atau keunguan.

7. Perubahan kondisi mental, kebingungan, atau halusinasi

ilustrasi orang depresi (pexels.com/Nathan Cowley)

Tanda orang mau meninggal yang satu ini sering dialami oleh orangtua atau orang yang sudah lama menderita sakit tertentu. Mereka akan mengalami berbagai perubahan kondisi mental misalnya kecemasan, depresi, atau menarik diri. Bahkan terkadang mereka pun kebingungan dan mengalami halusinasi

Jika ini terjadi pada orang di sekitarmu, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menuruti apa yang ia inginkan. Apabila ia ingin sendirian, berikanlah ruang. Namun pastikan kamu selalu ada di sisinya saat ia membutuhkan apa pun. Berikan dukungan terbaikmu, ya.

8. Sulit bernapas atau napas memendek

ilustrasi sesak napas (freepik.com/Dragana Gordic)

Tanda orang mau meninggal bisa ditunjukkan pada perubahan ritme napas. Pada sebagian orang, kondisinya bahkan lebih buruk dari itu. Mereka bisa mengalami kesulitan bernapas, hingga terengah-engah atau megap-megap.

Jika kamu mendapati hal ini terjadi pada orang terdekatmu, usahakan segera memosisikan tubuh agar lebih mudah bernapas. Misalnya, posisi terlentang, menyamping, duduk. Sembari melakukannya, segera panggil bantuan medis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya