TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu SUDEP pada Epilepsi? Komplikasi Epilepsi Terburuk

Paling sering terjadi pada malam hari atau saat tidur

ilustrasi SUDEP epilepsi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudden unexpected death in epilepsy atau disingkat SUDEP terjadi ketika penderita epilepsi yang tampaknya sehat meninggal dunia tanpa alasan yang jelas. Ini merupakan konsekuensi dari epilepsi yang paling berbahaya.

Diperkirakan lebih dari 3.000 orang akan meninggal setiap tahun akibat SUDEP dan hal ini dapat terjadi pada siapa saja yang menderita epilepsi, meskipun individu tertentu mempunyai risiko lebih besar, dilansir CURE Epilepsy.

Apa itu SUDEP?

ilustrasi kejang (freepik.com/freepik)

SUDEP adalah kematian mendadak dan tidak terduga dari seseorang dengan epilepsi, padahal orang tersebut terlihat sehat. Pada kasus SUDEP, tidak ditemukan penyebab kematian lain saat dilakukan otopsi.

Menurut Epilepsy Foundation, setiap tahun, lebih dari 1 dari 1.000 orang dengan epilepsi meninggal karena SUDEP. Ini adalah penyebab utama kematian pada orang yang mengalami kejang yang tidak terkontrol.

Penderita epilepsi sering kali ditemukan meninggal di tempat tidur dan tampaknya tidak mengalami kejang. Lebih dari sepertiga kasus, terdapat kejang yang disaksikan atau tanda-tanda kejang baru-baru ini yang terjadi dekat dengan saat kematian. Mereka sering ditemukan berbaring telungkup.

Tidak ada yang yakin mengenai penyebab kematian pada kejadian SUDEP dan mungkin berbeda antar kasus. Beberapa peneliti berpendapat bahwa kejang menyebabkan irama jantung tidak teratur. Penelitian lain menunjukkan bahwa kesulitan bernapas setelah kejang menyebabkan kematian.

Kemajuan penelitian SUDEP sejak tahun 1997 mendorong para peneliti internasional untuk mengusulkan revisi definisi internasional untuk SUDEP pada tahun 2011. SUDEP merupakan deskripsi yang tepat pada kondisi berikut (Epilepsia, 2011):

  • Seseorang dengan epilepsi meninggal secara tiba-tiba atau tidak terduga.
  • Kematian dapat disaksikan atau tidak disaksikan.
  • Kematian karena trauma, tenggelam dan/atau status epileptikus telah dikecualikan.
  • Pemeriksaan postmortem tidak mengungkapkan penyebab kematiannya.
  • Kematian seperti itu paling sering terjadi pada malam hari atau saat tidur. Meskipun sering kali terdapat bukti kejang sebelum kematian, tetapi hal ini tidak selalu terjadi.

Jika tidak ada pemeriksaan postmortem, kematian hanya dapat diklasifikasikan sebagai ‘probable’  SUDEP. Jika penyebab kematian yang bersaing adalah kematian saat ini, maka kematian tersebut dapat diklasifikasikan sebagai 'possible' SUDEP.

Baca Juga: Apakah Epilepsi Bisa Menyebabkan Kematian?

Penyebab dan faktor risiko

ilustrasi epilepsi (vecteezy.com/AITTHIPHONG KHONGTHONG)

Penyebab SUDEP tidak diketahui, tetapi banyak area yang sedang diteliti. SUDEP paling sering terjadi pada malam hari atau saat tidur, ketika kematian tidak disaksikan, sehingga banyak pertanyaan yang tidak terjawab. Mungkin ada bukti bahwa seseorang mengalami kejang sebelum meninggal, tetapi hal ini tidak selalu terjadi.

Penelitian terkini mengenai kemungkinan penyebab SUDEP berfokus pada masalah pernapasan, irama jantung, dan fungsi otak yang terjadi akibat kejang.

  • Pernapasan: Kejang biasanya dapat menyebabkan seseorang berhenti bernapas sebentar (apnea). Jika jeda pernapasan ini berlangsung terlalu lama, maka ini dapat mengurangi jumlah oksigen yang sampai ke jantung dan otak. Kekurangan oksigen dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Selain itu, saluran napas seseorang terkadang tersumbat selama kejang, yang menyebabkan mati lemas (ketidakmampuan bernapas).
  • Irama jantung: Jarang terjadi, kejang dapat menyebabkan irama jantung yang berbahaya atau serangan jantung.
  • Fungsi otak: Kejang dapat menekan atau mengganggu fungsi area vital di batang otak. Area-area ini bertanggung jawab untuk pernapasan dan detak jantung serta fungsi tubuh penting lainnya. Akibatnya, perubahan fungsi otak bisa menyebabkan perubahan pernapasan dan detak jantung yang berbahaya.
  • Lainnya: SUDEP dapat disebabkan oleh lebih dari satu penyebab, atau kombinasi kesulitan bernapas, irama jantung tidak normal, dan perubahan fungsi otak. Atau, hal ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor yang belum diidentifikasi oleh para peneliti.

Faktor risiko

Dijelaskan dalam laman SUDEP Action, tingkat keparahan epilepsi merupakan faktor risiko yang paling meyakinkan. Kejang tonik-klonik umum membuat seseorang lebih mungkin mengalami SUDEP dan risikonya meningkat seiring dengan jumlah kejang kejang per tahun. Namun, perlu dicatat bahwa ada kematian setiap tahunnya pada orang-orang yang juga jarang mengalami kejang.

Faktor lain yang telah diidentifikasi meliputi:

  • Kejang pada malam hari.
  • Usia dewasa muda.
  • Kepatuhan yang buruk terhadap pengobatan epilepsi.
  • Usia awal timbulnya epilepsi (sebelum usia 16 tahun).
  • Durasi epilepsi yang lebih lama.
  • Epilepsi simtomatik.
  • Jenis kelamin laki-laki.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya