TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Program TV Ini ''Masih'' Positif bagi Anak-anak, Sering Tonton Gak?

Program yang bukan pencari rating belaka

Trans7.co.id

Memprihatinkan memang, anak-anak zaman sekarang harus menghadapi program-program televisi yang kurang tepat untuk usianya. Mulai dari sinetron cinta-cintaan, hingga acara reality settingan, semuanya tidak layak buat mereka tonton. Tapi, bukan salah dari pihak televisi sebenarnya, melainkan sang orang tualah yang harus mengarahkan anaknya menonton program-program positif yang sesuai dengan usianya.

Masih ada kok program-program yang positif dan menambah wawasan khusus buat anak-anak. Seperti 6 program televisi ini, yang tetap konsisten membuat program menambah ilmu buat penontonnya.

1. Si Bolang (Bocah Petualang) - Trans 7

Youtube.com/Edutainment Trans7

Program yang satu ini sangat pas ditonton buat anak-anak. Menyuguhkan keadaan bocah-bocah di pedesaan, membuat para penonton mengenal seluk-beluk kebudayaan dan kegiatan para bocah setiap desanya. Mereka pun memberikan suatu pembelajaran, seperti halnya pengobatan tradisional, bahasa, permainan, hingga saling menolong. Program yang satu ini sangat positif buat ditonton, bukan hanya untuk anak-anak, dewasa pun harus menonton program Si Bolang Bocah Petualang ini.

Baca Juga: Jarang Diputar di TV, 5 Serial Kartun Ini Juga Favorit Anak-anak 90an

2. Laptop Si Unyil - Trans 7

trans7.co.id

Tokoh Unyil, sudah lama dikenal di tahun 80-an, yang diciptakan oleh Pak Raden. Dan kini makin eksis, karena bukan lagi hanya mengandalkan hiburan semata, tetapi banyak ilmu yang bisa digali di program Laptop Si Unyil ini. Kamu pasti tau, Unyil sering berkeliling ke pabrik-pabrik domestik hingga luar negeri, dan memberi tahukan bagaimana suatu produk yang sering kita konsumsi diproduksi. Anak-anak pasti banyak tau kalau sering-sering menonton program Laptop Si Unyil ini.

3. Dunia Binatang - Trans 7

trans7.co.id

Program yang satu ini lebih fokus memberi ilmu mengenai binatang. Anak-anak yang menyukai binatang, pasti sering menonton program Dunia Binatang ini. Program ini memberi ilmu bagaimana binatang memproduksi, gaya hidup, dan metamorfosis. Program yang sangat positif, plus narator Si Otan yang pandai menjelaskan dengan gaya yang kocak.

4. Upin & Ipin - MNC TV

Youtube.com/Les' Copaque Production

Sebelumnya program yang memfokuskan memberi ilmu dibidangnya masing-masing, dan kini ada animasi anak-anak yang juga menceritakan hal positif yang bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari anak-anak. Walaupun dari Malaysia, diisetiap episodenya, Upin dan Ipin sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari anak-anak Indonesia. Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari animasi ini, dari persahabatan, hingga kasih sayang keluarga.

5. Pada Zaman Dahulu - MNC TV

YouTube/Les' Copaque Production

Begitupan animasi yang juga dari Malaysia ini, yang menceritakan sebuah dongeng yang penuh pembelajaran hidup bagi penontonnya. Anak-anak pasti sering menonton animasi Pada Zaman Dahulu ini, dengan penuturan sang kakek buat cucunya, kita pun sebagai penonton ikut menyerap kisah dongeng dari sang kakek. Malaysia sangat pandai membuat program yang sangat positif buat masyarakatnya. Penggiat animasi Indonesia harus banyak belajar dari animasi Malaysia ini.

Baca Juga: 5 Quotes Serial TV Ini Mengajarkanmu Arti Persahabatan Sebenarnya

Verified Writer

Adli Putra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya