TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta tentang Sailor Jupiter, Si Tangguh di Anime Sailor Moon

Favoritnya siapa nih?

wallur.com

Salah satu sailor yang melindungi dunia dari kejahatan di anime Sailor Moon adalah Makoto Kino (dikenal sebagai Lita Kino dalam versi anime bahasa Inggris) yang lebih dikenal sebagai Sailor Jupiter.

Makoto yang tangguh dengan kecintaannya pada berkebun dan memasak, menjadikannya sebagai simbol feminitas dan maskulinitas yang mudah dipahami anak-anak.

Di balik sosok tangguh dan kuatnya, Makoto ternyata menyimpan beberapa fakta. Apa saja?

1. Makoto Kino memiliki cerita pendek khusus di manga berjudul Mako's Depression

sailormooncrystalscreenshots.weebly.com

Tiga cerpen manga yang dikenal sebagai "The Exam Battle" dibuat sebagai cerita sampingan untuk Sailor Moon. Setiap bab menampilkan sailor yang berbeda. Bab pertama berfokus pada Makoto, yang kedua menunjukkan Ami (dan kemudian berubah menjadi sebuah episode), dan bab terakhir dibagikan oleh Minako dan Rei. 

Selama bab Makoto, berjudul "The Exam Battle 1 - Mako chan's Depression" (atau "The Melancholy of Makoto"), ia berkeliaran di sebuah toko besar.

Ternyata ada makhluk jahat yang telah membuat siapa pun yang lewat di depan toko akan mengonsumsi makanan dan minuman di toko tersebut. Dengan berubah menjadi Sailor Jupiter, Makoto berhasil menghentikan makhluk tersebut.

Baca Juga: Sailor Moon: 5 Fakta tentang Sailor Saturn yang Belum Kamu Tahu

2. Kedua orangtua Makoto meninggal karena kecelakaan pesawat terbang

sailormoonnews.com

Terungkap dalam cerita sampingan Makoto "The Exam Battle 1 - Mako chan's Depression" bahwa dia kehilangan kedua orangtuanya dalam kecelakaan pesawat. Akibatnya, dia sangat takut terbang.

Banyak fans berteori bahwa Makoto dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya karena dia menerima warisan yang cukup besar dari mereka setelah kematian mereka. Di versi anime, Makoto terlihat tidak nyaman ketika pesawat ada di sekitarnya.

3. Bertunangan dengan Motoki Furuhata

sailormooncrystal.fandom.com

Sebagian besar sailor naksir Motoki Furuhata, seorang pemuda yang bekerja di Game Center Crown. Namun, tidak seperti di anime, Motoki pacaran dengan salah satu gadis di versi live action Pretty Girl Sailor Moon (2003-2004).

Dia tertarik pada Makoto, yang dengan terpaksa harus berubah wujud di depannya saat episode "Act 41 - Actually, I'm a Senshi!", untuk menyelamatkan hidup Motoki dari Youma yang jahat.

Hubungan mereka dikonfirmasi dalam episode 50 di Pretty Girl Sailor Moon, "Special Act - We're Getting Married!" Setelah Usagi dan Mamoru menikah, Motoki menangkap buket pengantin wanita dan berbalik ke Mokoto lalu melamarnya.

4. Arti dari namanya, Makoto Kino

geeksundergrace.com

Nama depan Makoto dalam bahasa Jepang dapat berarti "kepercayaan" atau "ketulusan", yang mencerminkan karakternya. Nama belakangnya, Kino, dapat dibaca sebagai "bidang kayu" atau "bidang pohon." Ini akan mencerminkan kecintaannya pada tanaman dan berkebun. Nama aslinya, Mamoru, berarti "untuk menjaga" atau "untuk melindungi."

Meskipun Makoto cocok sebagai pelindung, Makoto sebenarnya adalah nama yang lebih cocok untuk Tuxedo Bertopeng.

Dinamai Sailor Jupiter, karena Makoto memang berbagi sifat-sifat Dewa Romawi dengan nama yang sama. Jupiter adalah dewa Langit dan ia mengendalikan kilat, seperti halnya Sailor Jupiter.

Baca Juga: Pencinta Sailor Moon Wajib Tahu 5 Fakta tentang Sailor Mercury Ini 

Verified Writer

Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya