TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Tentang Sinetron Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Dari sinetron terpanjang hingga sinetron termahal! Apa kamu sudah tahu?

media.iyaa.com

Sinetron memang identik dengan episode yang sangat panjang. Tak jarang karena episodenya yang panjang, alur ceritanya justru dianggap tidak jelas dan membosankan. Tapi di Indonesia tidak hanya ada sinetron episode panjang yang dibuat asal jadi saja. Ini fakta unik tentang sinetron di Indonesia yang wajib kamu ketahui.

1. Sinetron dengan Episode Terpanjang.

newth.com

Jumlah episode yang banyak memang sudah menjadi salah satu ciri khas sinetron. Dan sinetron dengan episode terbanyak di Indonesia jatuh kepada Tukang Bubur Naik Haji. Tamat pada 7 Februari 2017, sinteron ini menceritakan tentang Bang Sulam, seorang pedagang bubur ayam yang sabar, ramah, dan berkat ketekunan dan keikhlasannya, ia bisa naik haji serta membesarkan dagangannya. Di lain pihak ada H. Muhidin dan Hj. Maemunah, tetangga Bang Sulam yang selalu berbuat jahat serta memfitnah Bang Sulam. Tukang Bubur Naik Haji tamat dengan total 2185 episode.

2. Sinetron dengan Episode Terpendek.

tvguide.co.id

Sinetron dengan episode yang sangat sedikit memang seperti terdengar mustahil. Sinetron Layla Majnun yang tayang pada 1-5 Oktober 2012, hanya memiliki total 5 episode. Meski digarap serius dengan adegan bertarung di atas bukit yang terlihat meyakinkan serta alur cerita yang tak bertele-tele, nyatanya tidak membuat sinetron yang dibintangi Vanessa Angel dan Ridwan Ghani ini memiliki banyak peminat. Rating yang buruk menjadi faktor penyebab berakhirnya sinetron ini. Mungkinkah era kejayaan sinetron kolosal telah berakhir?

3. Sinetron Religi non Muslim Pertama.

bintang.com

Mungkin kita sudah sering menonton sinetron religi Islami. Buku Harian Nayla adalah sinetron dengan religi Kristiani yang dibintangi oleh Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. Bercerita tentang Nayla, gadis yang menderita penyakit ataksia, penyakit yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Sinetron ini diadaptatasi dari drama Jepang berjudul One Litre of Tears.

4. Sinetron Legendaris yang Ditayangkan Ulang Berkali-berkali.

viva.co.id

Si Doel Anak Sekolahan pertama kali ditayangkan di RCTI pada tahun 1994. Ada sebanyak 7 musim dengan total 162 episode, berkisah tentang kehidupan Doel dan keluarganya, keluarga betawi yang mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah arus perkotaan dan modernisasi. Sinetron ini ditayangkan ulang mulai episode awal di RCTI hingga saat ini.

Writer

Arry Tan

Hi, saya Arry Tan, mahasiswi tingkat akhir di salah universitas swasta jurusan akuntasi, saat ini sedang mencari pekerjaan pula. Belajar desain grafis dan menulis secara otodidak. Mohon bantuannya. Terimakasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya