TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Death Note: 5 Perbedaan Antara L Anime dan Adaptasi Netflix

Kamu lebih suka L yang mana?  #IDNTimesHype

Dok. Studio Madhouse & Netflix

L memiliki peran besar dalam seluruh seri Death Note, baik dalam manga, anime, live-action, hingga adaptasi Netflix. L hadir sebagai satu-satunya orang yang dapat menyaingi kegeniusan Light. L sudah menjadi musuh dalam selimut Light, yang secara diam-diam mengumpulkan bukti untuk memastikan kecurigaannya terhadap Light.

Pada dasarnya, L tetap berperan sebagai musuh utama Light dalam seluruh cerita Death Note. Hanya saja, terdapat perbedaan yang sangat menonjol antara L versi anime dan L versi adaptasi Netflix. Terlepas dari etnisnya, berikut ini adalah lima perbedaan antara L anime dan adaptasi Netflix. Simak ulasan berikut. 

1. Bagaimana L menghadapi Kira

Dok. Studio Madhouse/Death Note

L versi anime jauh lebih berhati-hati dari L versi adaptasi Netflix. L dalam anime tidak langsung menemui Light saat dirinya mulai mencurigai Light sebagai Kira. L menunggu waktu yang tepat, sambil mengumpulkan bukti dengan mengawasinya dari kejauhan.

Sementara itu, L Netflix langsung menemui Light begitu ia mencurigai Light sebagai Kira, meskipun sebenarnya ada bukti yang lebih kuat untuk membuktikan kecurigaannya terhadap Light. Konfrontasi ini sangat berbeda dengan karakter L aslinya. Hal tersebut juga menjadi alasan utama mengapa dirinya dikeluarkan dari tim penyelidik di akhir film.

2. Reaksinya terhadap kematian Watari

netflix.com/Death Note

Dalam anime, L dan Watari meninggal di waktu yang hampir bersamaan, setelah Rem memutuskan untuk menulis nama L dan Watari di Death Note, demi melindungi Misa. Karena jarak waktu yang sangat tipis antara kematian L dan Watari, L sama sekali tidak memiliki waktu untuk berkabung atas kepergian sahabatnya.

Sementara L anime berusaha tetap tenang untuk menyelidiki apa yang terjadi terhadap Watari, L versi Neflix langsung mengamuk saat dirinya mengetahui bahwa Watari sudah terbunuh. L Netflix langsung berlarian ke sana ke mari sambil menggenggam pistol di tangannya, berusaha untuk melacak Kira dengan harapan dapat segera menangkap Kira.

Baca Juga: Death Note: 5 Perubahan Terbesar pada Misa Amane

3. Bagaimana L menemukan lokasi Kira

viz.com/Death Note

Pada episode 2 anime Death Note, L menjebak Kira untuk melacak lokasi Kira. L menggunakan terpidana mati, Lind L. Taylor, untuk memancing Kira untuk memberikan lokasinya dan apa saja yang dibutuhkan Kira untuk membunuh korbannya. Tanpa diduga, langkah pertama L langsung membuahkan hasil.

Sementara itu, langkah yang dilakukan L Netflix cukup berbahaya dan beresiko. L menunjukkan dirinya secara langsung dengan menggelar konferensi pers dan bersumpah bahwa dirinya akan menangkap Kira.

4. Sikapnya

netflix.com/Death Note

Salah satu hal yang membuat penggemar menyukai L anime adalah sikapnya yang dingin. L selalu tampak apatis seolah tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Bahkan saat Kira kedua muncul dan kasus pembunuhan Kira semakin memburuk, L tetap berusaha untuk tenang dan berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Sementara itu, L Netflix cenderung lebih emosional dan melakukan tindakan sembrono saat dirinya sudah terpancing. Pada akhir film, L dikeluarkan dari misi penyelidikan Kira, karena melakukan pengejaran yang gegabah dan berkeliaran sambil menodongkan pistol.

Baca Juga: 5 Peraturan Death Note yang Berhasil Dimanfaatkan oleh Light Yagami

Verified Writer

Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya