TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Film & Drama Populer yang Tunjukkan Kerennya Stephen Hawking

Walau alami keterbatasan fisik, ia tetap eksis

Berbagai Sumber

Berita duka menyelimuti dunia sains. Stephen Hawking, salah satu ilmuwan paling berpengaruh di masa kini telah berpulang pada 14 Maret 2018 dalam usia 76 tahun. Pria penemu teori radiasi lubang hitam ini meninggalkan warisan yang sangat besar dalam ilmu pengetahuan terutama bidang fisika dan kosmologi. 

Sepanjang hidupnya, Stephen Hawking sudah beberapa kali jadi objek film keren yang membuat kita sadar bahwa ia tak hanya ilmuwan biasa. Di balik keterbatasan fisik yang dideritanya ia tetap mampu berkarya dan menginspirasi.

Seperti dalam 9 film dan drama populer yang tunjukkan kerennya Stephen Hawking berikut ini.

1. Benedict Cumberbatch memerankan Stephen Hawking dalam film drama menyentuh Hawking (2004)

Sang aktor laris Benedict Cumberbatch pernah membawakan peran menantang sebagai Stephen Hawking dalam drama biografi berjudul Hawking.

Film ini begitu menyentuh dan menggambarkan perjuangan Stephen yang terus mengejar cita-citanya meski perlahan tapi pasti tubuhnya mulai digerogoti penyakit ALS.

2. Judul film dokumenter A Brief History of Time (1991) diambil dari salah satu buku terlaris Stephen Hawking

Walau judulnya diambil dari salah satu buku terlaris Profesor Hawking, namun isi film ini adalah dokumenter tentang kehidupan sang ilmuwan.

Di sini kamu bisa melihat berbagai wawancara dengan anggota keluarga, kolega, bahkan pengasuh Stephen Hawking semasa kecil.

3. Salah satu dokumenter paling mutakhir tentang perjalanan hidup sang ilmuwan digambarkan dalam Hawking (2013)

Judulnya sama dengan film drama tahun 2004 yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch, namun bedanya film yang satu ini adalah sebuah dokumenter.

Dalam Hawking (2013), Stephen Hawking menceritakan kehidupannya sejak masa kanak-kanak, pergulatannya melawan penyakit yang melumpuhkan fisiknya tapi tidak pikirannya, dan bagaimana akhirnya ia diakui sebagai ilmuwan terkemuka dunia.

4. Ia jadi presenter sendiri dalam film Stephen Hawking: Master of the Universe (2008)

Terdiri dalam dua bagian, film dokumenter Master of the Universe dipresenteri sendiri oleh sang ilmuwan. Di bagian pertama kamu akan tahu seluruh kisah hidupnya sejak kecil, kehidupan pernikahannya, sampai kisah hingga sukses.

Sementara di bagian kedua kamu akan diajak menyelami beberapa teori dan penemuan terbaik ayah tiga anak ini.

Baca juga: Fisikawan Stephen Hawking Meninggal Dunia

5. Ia bahkan menjadi narator untuk serial antologi fiksi ilmiah Masters of Science Fiction (2007)

Serial ini memang tak bercerita tentang Stephen Hawking, namun profesor nyentrik ini jadi naratornya lho! Yup, padahal karena penyakit yang dideritanya, Stephen mengalami kesulitan bicara dan harus dibantu teknologi khusus. Luar biasa semangatnya dan kemauannya untuk menjembatani sains dengan kultur pop.

6. Leonard Nimoy mengajak Stephen untuk ikut tampil dalam serial tenar Star Trek: The New Generation (1993)

Sang aktor pemeran Spock mendengar kemauan Stephen Hawking untuk ikut berperan dalam serial legendaris itu. Leonard pun segera menghubungi orang-orang yang berkepentingan dan mengusahakan agar sang ilmuwan bisa ikut syuting Star Trek.

Hasilnya? Walaupun memiliki keterbatasan fisik, Stephen bisa jadi salah satu pemeran di beberapa episode Star Trek: The New Generation (1993). Luar biasa profesor satu ini.

7. Tak hanya film & serial biasa, ia pun eksis dalam sejumlah episode serial kartun The Simpsons dan Futurama

Gak hanya di film dan serial live action saja, sang tokoh di bidang fisika ini juga suka tampil di serial kartun lho. Stephen Hawking telah beberapa kali jadi bintang tamu di serial kartun legendaris The Simpsons dan Futurama. Ia pun pernah jadi cameo di kartun Fairy Oddparents. 

8. Stephen Hawking bikin Sheldon Cooper kagum plus kesel di serial laris The Big Bang Theory

Penikmat serial barat pasti tak asing lagi dengan sitkom The Big Bang Theory yang rajin membawa pulang piala Emmy. Ceritanya soal sejumlah pemuda yang berkecimpung di dunia sains pas sekali dengan sosok Stephen Hawking.

Tak heran kalau akhirnya fisikawan tenar ini beberapa kali hadir sebagai bintang tamu di serial kocak tersebut. Tau gak, walaupun seorang ilmuwan, Stephen Hawking terkenal humoris dan punya kepribadian sarkastis yang bikin orang terkesima.

Baca juga: 7 Penemuan Besar Stephen Hawking yang Akan Dikenang Sepanjang Masa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya